Tinjau Isoter GOR Gelarsena Klaten, Airlangga Berikan Telur dan Daging Ayam

Agustus 14, 2021

KLATEN, RAKYATJATENG – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau salah satu tempat isolasi terpusat (isoter) di Kabupaten Klaten, yakni GOR Gelarsena pada Sabtu (14/8/2021) siang.

Bersamaan dengan peninjauan itu, Airlangga memberikan bantuan bagi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di lokasi tersebut, berupa 500 kg telur dan 500 kg daging ayam beku.

“Kita meninjau beberapa isoter, dan kali ini di Klaten. Adanya isoter ini bisa memotong mata rantai penyebaran Covid-19. Sekaligus menurunkan tingkat kematian,” jelas Airlangga usai melakukan peninjauan.

Ia menyebut jika pasien Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah justru kurang mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. Sehingga membuat pasien Covid-19 kurang mendapatkan perhatian terkait layanan kesehatannya. Oleh karena itu, dia terus mendorong agar pasien Covid-19 mengikuti isolasi mandiri di tempat isolasi terpusat.

Menurutnya, dengan adanya isoter, bisa memisahkan mereka yang terpapar Covid-19 dengan yang sehat. Termasuk untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga. Mengingat salah satu klaster yang banyak berkembang saat ini yakni klaster keluarga.

“Harapannya dengan mereka di isoter menjadi lebih termonitor. Termasuk bisa menekan fatality rate. Apalagi fatality rate di sini (Klaten) juga cukup tinggi,” jelasnya.

Airlangga berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih pada penanganan Covid-19 di Kota Bersinar tersebut. Termasuk secara umum di Jawa Tengah, melalui sejumlah program nasional yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten Ronny Roekmito menjelaskan, untuk saat ini jumlah pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di tempat isolasi tempat isolasi terpusat khusus laki-laki ada 24 orang. Dari sebelumnya saat puncak kasus Covid-19 terdapat 89 pasien dari kapasitas 101 bed.

Komentar

VIDEO TERKINI