Syarat Masuk Mal di Semarang: Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Agustus 11, 2021

Setiap pengunjung Paragon Mal diminta men-scan barcode aplikasi PeduliLindungi. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kelonggaran dalam PPKM Level 4 mulai diberikan pemerintah. Kali ini, mal sudah boleh beroperasi. Syaratnya, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas mal. Selain itu, setiap pengunjung wajib menunjukkan kartu vaksin.

Dari pantauan, belasan orang tampak mengantre untuk masuk Mal Paragon di Jalan Pemuda Semarang. Mereka diminta untuk men-scan barcode aplikasi PeduliLindungi. Petugas juga meminta pengunjung lain untuk menunjukkan kartu vaksinasi.

“Sebenarnya tidak keberatan, tapi kalau yang gagap teknologi tentu sulit. Mungkin bisa menggunakan kartu vaksinasi saja,” kata Safira Nita, salah satu pengunjung.

Menurut dia, selain pengunjung yang wajib divaksin, karyawan yang bekerja di outlet yang ada di mal pun seharusnya sudah divaksin agar sama-sama aman. “Ini biar sama-sama aman dan fair kalau menurut saya,” tuturnya.

General Manager Paragon Mal Lie Jimmy mengaku senang mal bisa dibuka kembali, dan perekonomian kembali berjalan meskipun dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.“Pengunjung yang diperbolehkan masuk ke mal memiliki usia 12 hingga 70 tahun. Di bawah dan di atas usia tersebut tak diperbolehkan masuk,” katanya.

Ditambahkannya, pembukaan hari pertama, 80 persen tenant di Paragon Mal telah buka, dengan pekerja sekitar 1.000 orang lebih.

Menurut dia, protokol kesehatan di mal sudah dilakukan di semua outlet. “Untuk outlet sudah menerapkan protokol kesehatan. Untuk pameran sudah boleh, namun dengan pembatasan,” bebernya.

Petugas Satpol PP Kota Semarang, Camat Semarang Tengah, serta petugas Polsek Semarang Tengah dan Danramil Semarang Tengah juga melakukan pemantauan langsung dibukanya mal mulai Selasa (10/8/2021) kemarin. Mereka tampak berkomunikasi dengan karyawan, dan menanyakan apakah sudah vaksinasi atau belum.

Komentar

VIDEO TERKINI