Monumen Perjuangan di Jerakah Kota Semarang Rencana Dipindah, Ini Lokasi Barunya

Agustus 9, 2021

Monumen berbentuk tugu di Pertigaan Jerakah akan segera digeser lokasinya dan diperindah dengan taman. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang berencana memindahkan monumen berbentuk tugu yang berada di pertigaan traffic light Jerakah atau di samping Kampus I UIN Walisongo.

Rencananya hanya akan digeser ke sebelah selatan di lahan bekas kantor Koramil Ngaliyan.

“Kami berencana memindah monumen ini agar lebih representatif dengan dana CSR. Saat ini masih terus melakukan sosialiasi ke masyarakat,” kata Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali.

Monumen berbentuk tugu ini sudah ditempeli pengumuman perpindahan oleh Disperkim Kota Semarang.

Posisi monumen yang berbentuk tugu dengan mahkota berupa lidah api yang posisinya di pinggir jalan. Monumen ini memiliki relief tentara yang sedang bertempur atau berperang.

Konon monumen ini adalah tanda untuk mengenang jasa pahlawan saat perjuangan kemerdekaan.

“Pemindahan ini dimaksudkan agar monumen tersebut menjadi ruang terbuka hijau dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Ali menerangkan jika saat ini masih dibuat Detail Engineering Design (DED). Diharapkan, pembangunan taman ini bisa segera dilaksanakan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Semoga dalam waktu dekat bisa kita bangun,” tambahnya.

Kabid Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati menambahkan, rencananya hanya memindah titik lokasinya.

Kalau bentuknya masih sama. Namun problem yang masih mengganjal, belum diketahui siapa yang mendirikan monumen tersebut. Makanya, pihaknya melakukan sosialisasi melalui media sosial ataupun menempel pengumuman di monumen tersebut.

“Kami ingin tahu bagaimana sejarahnya, tujuannya, biar tidak ada kesalahan saat melakukan pemindahan dan pembangunan,” kata Murni yang akrab disapa Pipie ini.

Komentar

VIDEO TERKINI