Menikmati Hamparan Terasering di Kaki Gunung Sumbing

Agustus 8, 2021

Wisata alam Terasering Sitegong di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. (ROFIK SYARIF G P/JAWA POS RADAR SEMARANG)

MAGELANG, RAKYATJATENG – Kabupaten Magelang tidak pernah berhenti menawarkan beragam pilihan tempat wisata alam. Mulai dari Nepal van Java Dusun Butuh, Mangli Sky View, hingga Silancur Highland.

Kini Magelang memiliki tempat wisata yang baru lagi. Yakni Wisata Terasering Sitegong.

Objek wisata alam berupa hamparan sawah terasering berlatar belakang Gunung Sumbing ini berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Wisata yang mulai dibuka sejak 27 September 2020 ini berada di atas lahan seluas kurang lebih 20 hektare.

Ketua Wisata Terasering Sitegong Rini mengatakan, banyak masyarakat di luar desa yang datang karena tertarik dengan pemandangan alamnya. Hingga warga setempat berinisiatif membuka sebagai objek wisata alam.

“Dengan adanya wisata ini dapat menambah pemasukan warga sekitar,” ucap Rini.

Saat ini fasilitas yang sudah ada baru jembatan, gardu pandang, gazebo, musala, dan toilet. Semua bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk senilai Rp 5 ribu.

“Salah satu spot foto yang paling ikonik di Terasering Sitegong adalah pemandangan Gunung Sumbing dilengkapi dengan terasering yang ditanami dengan tanaman daun bawang atau biasa disebut sayuran loncang oleh masyarakat sini,” jelas Rini.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan sawah terasering yang tersusun sangat rapi.Hamparan sawah hijau menghiasi kaki Gunung Sumbing dan membuatnya terlihat makin gagah dan megah.

Saat berkunjung ke tempat wisata Magelang ini, pengunjung tidak akan merasa bosan. Apalagi udara di sini sangat sejuk dan cocok menjadi tempat melepas lelah.

Komentar

VIDEO TERKINI