Menikmati Hamparan Terasering di Kaki Gunung Sumbing

  • Bagikan
Wisata Terasering Sitegong

Wisata alam Terasering Sitegong di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. (ROFIK SYARIF G P/JAWA POS RADAR SEMARANG)

MAGELANG, RAKYATJATENG – Kabupaten Magelang tidak pernah berhenti menawarkan beragam pilihan tempat wisata alam. Mulai dari Nepal van Java Dusun Butuh, Mangli Sky View, hingga Silancur Highland.

Kini Magelang memiliki tempat wisata yang baru lagi. Yakni Wisata Terasering Sitegong.

Objek wisata alam berupa hamparan sawah terasering berlatar belakang Gunung Sumbing ini berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Wisata yang mulai dibuka sejak 27 September 2020 ini berada di atas lahan seluas kurang lebih 20 hektare.

Ketua Wisata Terasering Sitegong Rini mengatakan, banyak masyarakat di luar desa yang datang karena tertarik dengan pemandangan alamnya. Hingga warga setempat berinisiatif membuka sebagai objek wisata alam.

“Dengan adanya wisata ini dapat menambah pemasukan warga sekitar,” ucap Rini.

Saat ini fasilitas yang sudah ada baru jembatan, gardu pandang, gazebo, musala, dan toilet. Semua bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk senilai Rp 5 ribu.

“Salah satu spot foto yang paling ikonik di Terasering Sitegong adalah pemandangan Gunung Sumbing dilengkapi dengan terasering yang ditanami dengan tanaman daun bawang atau biasa disebut sayuran loncang oleh masyarakat sini,” jelas Rini.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan sawah terasering yang tersusun sangat rapi.
Hamparan sawah hijau menghiasi kaki Gunung Sumbing dan membuatnya terlihat makin gagah dan megah.

Saat berkunjung ke tempat wisata Magelang ini, pengunjung tidak akan merasa bosan. Apalagi udara di sini sangat sejuk dan cocok menjadi tempat melepas lelah.

Untuk menuju tempat wisata yang terletak pada kaki Gunung Sumbing ini wisatawan hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar tujuh kilometer (km) dari Pasar Kaliangkrik. Dari sana, ambil arah ke Wonosobo lalu arah Desa Nampan Sukomakmur.

Di Google Maps, wisatawan bisa mencarinya dengan kata kunci Nampan Sukomakmur Kajoran Magelang.

Rini mengingatkan kalau datang ke sini untuk selalu mengecek kendaraan yang akan dibawa. Sebab, wisatawan akan melewati banyak tanjakan di sepanjang perjalanan.

Medan tersebut membutuhkan kendaraan yang kuat menanjak, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat.

“Saat mengecek kondisi kendaraan, jangan lupa untuk cek kesiapan rem sebagai antisipasi jika rem blong. Karena saat pulang kondisi yang dihadapi kebalikan dari berangkat, yakni melewati jalur menurun,” ujarnya.

Rini berharap pemerintah Kabupaten Magelang dapat memberikan bantuan dana untuk mendukung wisata Terasering Sitegong. Karena kalau hanya mengandalkan dana dari tiket masuk wisatawan masih kurang dalam mengembangkan fasilitas pendukung tempat wisata.

“Semoga kami berharap adanya bantuan dari pemerintah maupun dari yang lainnya untuk mendukung pengembangan wisata ini,” harapnya.

Ke depan, ia mengungkapkan tempat wisata ini akan menambah beberapa spot foto untuk menarik perhatian para pengunjung. Wisata terasering Sitegong juga akan meningkatkan pelayanan, fasilitas serta semakin berupaya untuk melestarikan alam sekitar. (rfk/ton/JPC)

  • Bagikan