Menko Luhut Targetkan Vaksinasi Soloraya Selesai September

Agustus 5, 2021

SOLO, RAKYATJTAENG – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan vaksinasi COVID-19 di wilayah Soloraya selesai pada bulan September 2021.

“Sekarang di Solo baru 69 persen, sekitarnya masih 38 persen. Kami mau bisa 75 persen akhir bulan (Agustus),” katanya di sela meninjau vaksinasi untuk siswa di SMAN 1 Surakarta, Kamis (5/8/2021).

Ia mengatakan untuk ketersediaan vaksinasi sejauh ini tidak ada masalah. Menurut dia stok vaksin untuk seluruh Indonesia mencapai 70 juta dosis.

“Kami main (memberikan vaksin) 10.000 (dosis) per hari (di setiap daerah),” katanya.

Selanjutnya, jika capaian vaksin sudah sesuai target maka daerah aglomerasi di Soloraya akan dilonggarkan secara bertahap.

“Kami buka pelan-pelan, tetapi kami cermati betul supaya pedagang bisa beroperasi. Tetapi harus vaksin, bermasker, jaga jarak,” katanya.

Selain itu, dikatakannya, yang tidak kalah penting adalah upaya 3T, yakni “testing” (pengetesan), “tracing” (penelusuran), dan “treatment” (perawatan).

“Yang kedua ‘tracing’ dan ‘testing’ jadi penting karena ‘treatment’-nya sudah bagus,” katanya.

Sementara itu, mengenai kesiapan Asrama Haji Donohudan (AHD) sebagai rumah sakit darurat COVID-19, dikatakannya, sudah dalam kondisi siap beroperasi.

“Donohudan besok sudah siap, hari ini siap juga,” katanya.

Pada kunjungan tersebut, Luhut didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

Komentar

VIDEO TERKINI