Liga 1 Mulai 20 Agustus Tanpa Penonton, Semua Harus Sudah Divaksin

Agustus 4, 2021

JAKARTA, RAKYATJATENG – Siang ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi berencana menggelar pertemuan virtual dengan ke-18 klub Liga 1. Bahasan utamanya adalah persiapan Liga 1 yang direncanakan bergulir mulai 20 Agustus nanti.

Direktur LIB Akhmad Hadian Lukita optimistis liga bisa berjalan sesuai rencana. Sebab, seluruh perangkat pertandingan sampai pemain sudah melakukan vaksinasi hingga tahap kedua.

“Itu hal yang baik menuju kickoff, kami ikut membantu tercapainya program herd immunity. Yang pasti, mereka yang mengikuti kompetisi harus divaksin semua,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Luluk itu memastikan akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat dan tanpa adanya penonton di stadion. Seperti yang pernah diterapkan di turnamen Piala Menpora Maret lalu.

Saat itu, penyelenggaraan dinilai sukses karena berhasil menerapkan protokol kesehatan ketat dan terbukti tidak menghasilkan klaster baru. LIB juga sudah membentuk satgas Covid-19 yang diketuai Direktur Operasional LIB Sudjarno.

Adapun kickoff Liga 2, jika mengacu jadwal sebelumnya, diperkirakan berlangsung dua pekan setelah Liga 1 mulai jalan. Adapun kickoff Liga 1 awalnya dijadwalkan pada 9 Juli lalu.

Rencana terbaru kickoff kompetisi itu mengapung setelah komunikasi yang dilakukan PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi bersama pemangku kepentingan yang lain berujung hasil yang positif. Kemenpora, Mabes Polri, dan BNPB adalah para stakeholder yang dimaksud.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengungkapkan, rencana kickoff 20 Agustus itu sudah mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya, lantaran bisa berpengaruh terhadap penilaian FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional), AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia), dan AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara).

Komentar

VIDEO TERKINI