Bea Cukai Semarang Gagalkan Pengiriman Ratusan Karung Pakaian Bekas

Agustus 4, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Bea Cukai Semarang berhasil mengamankan ratusan karung berisi pakaian bekas (ballpress). Barang-barang ini diselundupkan dan diangkut bersama barang pindahan dan rongsok menggunakan truk tronton merk Hino dan truk bak besi merk Nissan.

Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, Sucipto, mengatakan bahwa penindakan ini berkat sinergi yang dibangun Bea Cukai Semarang bersama Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY, Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat dan KPPBC TMP B Pontianak.

Sucipto menjelaskan bahwa penindakan dilakukan di dua tempat, yaitu di pintu pos IV Pelabuhan Tanjung Emas dan depan rusunawa Kaligawe, Semarang pada 2 Agustus 2021.

Diceritakannya, penindakan ini berawal diterimanya informasi intelijen dari Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat, bahwa akan terdapat pengiriman barang berupa pakaian bekas yang diduga berasal dari luar daerah Pabean.

Barang-barang itu dimuat menggunakan dua sarana pengangkut berupa truk tronton warna hijau dan merah dari Pontianak menuju Pelabuhan Tanjung Emas menggunakan Kapal Dharma Kartika VII.

Pada tanggal 2 Agustus 2021 tim gabungan yang beranggotakan Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY bersama KPPBC TMP A Semarang melakukan patroli darat di sekitar wilayah Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas.

Sekitar pukul 12.30 WIB, tim mengidentifikasi salah satu sarana pengangkut dengan ciri-ciri sesuai informasi berada di pintu pos IV Pelabuhan Tanjung Emas.

“Tim gabungan langsung melakukan penghentian dan disaksikan sopir truk melakukan pemeriksaan awal atas sarana pengangkut tersebut,” jelas Sucipto.

Melalui pemeriksaan awal ditemukan muatan berupa barang pindahan dan sejumlah karung berisi pakaian bekas yang diduga berasal dari luar daerah Pabean.

Komentar

VIDEO TERKINI