Cara Unik Atasi Corona, Warga Dusun Nglinggo Berjemur Massal

Agustus 1, 2021

TINGKATKAN IMUN: Warga Dusun Nglinggo, Desa Buran, Tasikmadu melakukan aksi berjemur masal di halaman rumah mereka masing-masing, Minggu (1/8) pagi. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Warga di Dusun Nglinggo, Desa Buran, Tasikmadu mempunyai cara yang unik untuk menjaga kesehatan dan imunitas, agar tidak terkena penyebaran virus Corona yang kini menyebar di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Cara yang dilakukan warga tersebut adalah melakukan dede atau berjemur massal di halaman rumah mereka masing-masing. Selain itu, warga juga melakukan olahraga bersama dengan keluarganya di halaman rumah mereka.

Sejak pukul 09.00 WIB, warga mulai keluar rumah mereka lengkap dengan menggunakan masker dan berjejer sesuai dengan instruksi yang diperintahkan oleh tim gugus tugas desa setempat.

Kepala Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Marsies Yayuk Sri Rahayu mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan setelah pihaknya mendapatkan masukan dari sejumlah anggota Karangtaruna Dusun Nglinggo, bersama-sama dengan tim gugus tugas untuk melakukan aksi sebagai upaya menekan dan mencegah Covid-19 menyebar di wilayahnya.

“Kemarin dari Karangtaruna itu ada usul kegiatan dede atau berjemur masal. Karena kebetulan hari minggu, dan banyak warga yang di rumah, kemudian usulan tersebut kami terima dan alhamdulillah warga mau berjemur,” terang Yayuk sapaan akrab Kades Buran.

Yayuk mengungkapkan, sampai saat ini ada sekitar 10 orang warga yang terpapar dan menjalani isolasi mandiri (isoman) dirumahnya masing-masing.

Menariknya, kegiatan berjemur masal warga ini didatangi langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto. Bahkan dalam kesempatan itu, pemerintah juga memberikan paket bantuan sembako kepada sejumlah warga yang menjalani isoman. Selain itu, sembako yang berisi sayuran dan lauk pauk ini juga dibagikan kepada sejumlah warga yang kurang mampu.

Komentar

VIDEO TERKINI