Ini Daftar Sayuran Terbaik untuk Kulit Cantik

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Sayuran terbaik untuk kulit cantik adalah yang mengandung banyak vitamin dan mineral, yang berfungsi sebagai antioksidan pelindung sel tubuh dan membantu dalam proses pemulihan serta peremajaan sel.

Pada dasarnya, hampir semua jenis sayuran bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi dan sangat cocok untuk merawat kecantikan kulit.

Tentunya dapat membuat kulit kamu menjadi semakin sehat, cantik, dan berseri. Berikut beberapa sayuran terbaik buat kulit:

Tomat
Tomat mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk merangsang produksi kolagen, zat yang berperan dalam menjaga kulit agar tetap kencang dan muda.

Tomat juga mengandung likopen yang bertindak sebagai tabir surya, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dari dalam sekaligus menyehatkan kulit dan menjaganya tetap elastis.

Brokoli
Brokoli kaya akan antioksidan seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Semua kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan kelenturan dan kesehatan kulit serta meremajakan sel kulit yang mati.

Paprika
Perempuan yang rutin mengonsumsi sayuran berwarna hijau dan kuning cenderung memiliki kerutan yang lebih sedikit. Selain itu sayuran berwarna kuning dan oranye mengandung karotenoid yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

Karena itulah kamu perlu rajin mengonsumsi paprika. Sayuran yang masih satu keluarga dengan cabai ini juga mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan kulit.

Wortel
Wortel merupakan sumber utama beta karoten, turunan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan.

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang paling penting bagi kesehatan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C yang penting untuk memperbaiki kondisi kulit.

Bayam
Tak hanya baik untuk kesehatan, bayam juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin A dapat membantu meredakan inflamasi pada jerawat, kemudian Vitamin B dapat memperbaiki kulit yang rusak akibat bekas jerawat.

Lalu vitamin C bekerja memberi perlindungan kulit dari penyebab jerawat, yaitu radikal bebas. Terakhir, vitamin E akan membantu mencegah penyebaran bakteri serta memastikan vitamin A bekerja dengan baik pada kulit. Selain itu kandungan zinc dalam bayam juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Kangkung
Tidak jauh berbeda dengan bayam, kangkung memiliki dampak yang baik untuk kecantikan kulit. Kangkung memiliki kandungan vitamin A, zat besi, & beta karoten yang baik untuk kesehatan & perawatan kulit.

Asparagus
Jenis sayur yang sudah dikenal sejak 2000 tahun lalu ini mengandung kadar alkaline yang tinggi sehingga dapat menyeimbangkan pH kulit. Saat kondisi pH seimbang, kulit akan cenderung bebas dari masalah kulit seperti jerawat, iritasi, alergi, dan flek hitam.

pH yang seimbang juga menjadikan kulit lebih lembap. Selain alkaline, asparagus juga mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E, beta karoten, serta likopen. (Kartika/Dan/JPC)

  • Bagikan