Melintasi Tugu Duren Pekalongan Tak Bisa Sembarangan

Juli 30, 2021

KAJEN, RAKYATJATENG – Melintas maupun memutar di Simpang Empat Tugu Duren, Kabupaten Pekalongan, kini tak bisa sembarangan. Kini telah ada traffic light yang dipasang dan telah beroperasi.

Lalu lintas dari empat arah diprediksi akan lebih rapi dan tertib. Lalu lintas jadi lebih teratur.

Tidak seperti sebelumnya yang nyaris setiap pagi hingga sore carut-marut. Kendaraan dari empat arah tak lagi menumpuk di bundaran itu.

Kepala Bidang Lalulintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pekalongan Purwanto mengatakan, traffic light atau bang-jo itu baru uji coba. Akan resmi beroperasi mulai 5 Agustus 2021 nanti.

“Iya, uji coba sekaligus sosialisasi,” katanya Kamis (29/7/2021).

Simpang Empat Tugu Duren terletak di Kecamatan Karanganyar. Jalan itu merupakan akses utama ke dan dari Kajen, pusat pemerintahan Kabupaten Pekalongan. Tak heran jika jalanan di sana kerap padat dan carut-marut sebelum ada traffic light.

“Rencananya durasi bang-jo ini 116 detik. Dari hijau sampai hijau lagi,” jelas Purwanto.Menurut salah seorang pengendara asal Wonopringgo Taslim, pemasangan bang-jo di simpang itu tepat. Sebab, biasanya kerap terjadi salah paham antarpengendara yang dari arah Wonopringgo dengan arah sebaliknya.

“Kalau dari Wonopringgo mau ke Kajen kan harus ke kanan. Sebelum ada bang-jo ini, repot. Karena yang dari arah sana kadang tidak mau mengalah,” ungkapnya. (nra/ton/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI