Kematian Pasien Covid-9 Masih Tinggi, Wonogiri Masuk PPKM Level 4

Juli 27, 2021

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Wonogiri yang semula level 3, kini level 4. Ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Di Jawa Tengah, tercatat 26 kabupaten/kota yang masuk kriteria level 4, Wonogiri salah satunya.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, ada beberapa indikator yang membuat Kota Sukses masuk kriteria level 4, yakni kasus kematian pasien Covid-19 di Wonogiri cukup tinggi. Selain itu, berdasarkan teknologi Google maps, aktivitas kendaraan masih tinggi.

Meski begitu, kasus baru pasien terkonfirmasi positif cenderung rendah. Bahkan, bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur isolasi menurun.

“Tapi kematiannya ini yang tinggi. Kalau mobilitas dianggap tinggi, itu karena kita sentral. Bus dan lainnya sentralnya kan di Wonogiri,” kata dia Senin (26/7/2021).

Bupati mengaku telah berkoordinasi dengan unsur forkompimda lainnya menyikapi PPKM level 4. Pemkab melakukan langkah persuasif agar masyarakat bisa taat dengan regulasi berbasis kesadaran. Termasuk mempercepat vaksinasi.

Regulasi pada PPKM level 4, imbuh bupati, tak jauh beda dengan aturan sebelumnya. Namun ada yang dilonggarkan. Di antaranya dapat makan di tempat maksimal 20 menit.

“Makan (ditempat) silakan, yang penting jaga jaraknya oke, protokol kesehatannya jalan. Kalau misal banyak yang makan di tempat, (pengunjung) dapat diminta untuk bungkus saja. Ini seni yang akan kami berikan sebagai materi sosialisasi supaya pelonggaran ini tidak disalahartikan,” papar Joko Sutopo.

Pelaku usaha juga harus bisa ikut mengontrol pengunjung. Ketika semua pihak dapat bekerja sama, maka cukup dilakukan langkah persuasif. Ketika di lapangan terjadi sebaliknya, maka terjadi pengingkaran terhadap komitmen kebersamaan.

Komentar

VIDEO TERKINI