Mi Ayam Instan Dilirik hingga ke Luar Negeri

Juli 25, 2021

BANJIR LIRIKAN: Andhi Prasetyo tengah memproduksi bahan mi ayam instan digelarnya, kemarin. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Bicara kuliner di Wonogiri, tak hanya dikenal dengan baksonya saja. Namun mi ayam khas Wonogiri juga jadi buah bibir masyarakat. Sejumlah warga Wonogiri pun mencoba membuat inovasi mi ayam instan yang bisa dengan mudah dimasak.

Andhi Prasetyo melihat peluang bisnis tersebut. Dia bersama ketiga rekannya yang sama-sama bekerja di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri mencoba merealisasikan ide tersebut.

Awal mula ide membikin mi ayam instan dengan merek Wonogiren itu berawal dari sebuah diskusi pinggir jalan. Melihat banyaknya kaum boro yang berlalu lalang di terminal, mereka memikirkan pekerjaan mereka di perantauan.

Banyak diantara perantau bekerja sebagai penjual mi ayam dan bakso. Banyak diantaranya yang sukses besar, tapi tak sedikit pula yang gagal. Andhi pun berpikir kenapa yang merantau bukan produknya saja? Singkatnya, keempatnya sepakat mencoba membikin mi ayam instan.

“Mi ayam kan dikenal di semua daerah. Kami akhirnya bikin ini,” ungkapnya saat ditemui di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Jumat (23/7), dikutip dari Jawa Pos Radar Solo.

Mereka merintis usaha itu sekitar satu setengah tahun yang lalu. Yang jadi kiblatnya adalah produk rendang instan. Jika rendang bisa dibikin produk instan, dia menilai kenapa tidak dengan mi ayam.

Butuh waktu lima bulan untuk trial and error dalam membikin produk mi ayam instan. Mulai mencari wujud mi yang sesuai untuk mi ayam dengan tekstur lebih tebal dari mi instan biasa. Perebusannya butuh waktu dua menit lebih lama daripada mi instan biasa.

Komentar

VIDEO TERKINI