50 Pasien Covid Tanpa Gejala Asal Klaten Dikirim ke Donohudan

Juli 24, 2021

KLATEN, RAKYATJATENG – Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten telah memobilisasi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) untuk ditempatkan di tempat isolasi mandiri terpusat. Termasuk mulai Jumat (23/7), terdapat 50 pasien Covid-19 OTG yang dikirim ke Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali.

Sebanyak 50 pasien OTG yang dikirim itu telah menjalani asesmen terlebih dahulu di tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten. Mengingat ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi untuk dikirim ke luar kota. Pasien harus tanpa gejala dan berusia di bawah 50 tahun atau muda.

“Untuk hari ini kita siapkan 50 pasien Covid-19 tanpa gejala ke Donohudan. Besoknya ada 100 pasien, dan selanjutnya ada 100 pasien lagi dengan mengoptimalkan di sana. Termasuk menempatkan mereka di tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa,” jelas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten,Sri Mulyani, Jumat (23/7).

Dia mengakui, upaya memobilisasi pasien Covid-19 OTG ke tempat isolasi mandiri terpusat tengah diintensifkan. Mengingat berdasarkan data per 22 Juli 2021, terdapat 4.658 orang yang menjalani isolasi mandiri. Tetapi kini mereka diminta untuk menempati tempat isolasi terpusat yang disediakan pemkab.

Mulyani mengungkapkan, tempat isolasi terpusat di Klaten memiliki kapasitas hingga 1.051 bed, tersebar di 26 titik. Tetapi keterisiannya masih dinilai rendah, sehingga pemanfaatan tempat isolasi mandiri perlu dioptimalkan. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dalam lingkungan keluarga.

“Kami ingin memisahkan yang sakit dan sehat. Kalau tidak dipisahkan, maka penyebaran Covid-19 ini akan beranak-pinak. Maka itu, sesuai arahan bapak gubernur dan kapolda diminta untuk mengirimkan ke Donohudan dan tempat isolasi terpusat lainnya,” ucapnya.

Komentar

VIDEO TERKINI