Stasiun Purwokerto Tetap Layani Vaksinasi saat Idul Adha

Juli 19, 2021

PURWOKERTO, RAKYATJATENG – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto tetap melayani vaksinasi selama libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada 20-25 Juli 2021 di Stasiun Purwokerto, kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo.

“Berdasarkan Surat Edaran Kemenhub Nomor 54 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE Nomor 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi COVID-19, perjalanan KA jarak jauh keberangkatan tanggal 20-25 Juli hanya diperbolehkan bagi pekerja sektor esensial dan kritikal serta untuk kepentingan mendesak, namun kami tetap melayani vaksinasi,” kata Joko di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (19/7/2021).

Ia mengatakan syarat perjalanan bagi pelanggan KA dari sektor esensial dan kritikal harus menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, atau surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan/pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik.

Sementara yang dimaksud dengan kepentingan mendesak, yaitu pasien dengan kondisi sakit keras, ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga, kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang, dan pengantar jenazah nonpasien COVID-19 dengan jumlah maksimal lima orang.

“Pelanggan dengan kepentingan mendesak dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan perjalanan, antara lain surat rujukan dari rumah sakit, atau surat pengantar dari perangkat daerah setempat, atau surat keterangan kematian, atau surat keterangan lainnya,” kata Joko.

Ia mengatakan setiap pelanggan KA jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes reaksi rantai polimer (PCR) maksimal 2×24 jam atau tes antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Komentar

VIDEO TERKINI