Pemkot Siapkan TPU Khusus Covid, Purwoloyo Bisa Tampung 2000 Jenazah

Juli 12, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Kasus kematian pasien Covid-19 terus bertambah setiap hari. Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyiapkan area khusus untuk pemakaman jenazah Covid-19 di kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Purwoloyo.

Area khusus di salah satu sudut kompleks pemakaman itu diprediksi mampu menampung lebih dari 2.000 jenazah.

Kebikakan itu diambil sebagai bentuk respons semakin menipisnya kapasitas lahan pemakaman di lima TPU lain yang dikelola Pemkot Surakarta.

Sebenarnya pemakaman janazah Covid-19 boleh dilakukan di mana saja termasuk di TPU Bonoloyo, Daksinoloyo, Purwoloyo, Pracimaloyo dan Untoroloyo. Namun karena kondisi yang melebihi kapasitas membuat pemkot mengambil pertimbangan lain.

“Dari kelima TPU tersebut saat, empat di antaranya sudah dalam kondisi over kapasitas. Kemungkinannya tinggal di TPU Purwoloyo,” kata Ahyani, Minggu (11/7/2021).

Saat ini hanya TPU Purwoloyo, Pucangsawit, Jebres itulah yang kondisinya masih lapang dan masih sangat memungkinkan untuk diperluas sesuai kebutuhan. Prediksinya TPU Purwoloyo itu bahkan masih dapat dimaksimalkan untuk menampung 2.000 jenazah.

“Lokasinya di sisih timur komplek pemakaman itu,” jelas dia.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua pelaksana harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta ini mengakui, angka kematian pasien Covid-19 di Solo terbilang tinggi karena kondisi bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 sudah mencapai 90 persen. Jumlah tersebut belum ditambah dengan besarnya data kematian pasien yang berasal dari luar Kota Solo.

“Ada pasien Covid-19 rujukan dari luar kota meninggal. Takut ditolak warga, akhirnya kami makamkan di Solo. Perluasan TPU ini diperuntukan bagi warga luar Solo yang kesulitan mencari tempat pemakaman yang sesuai dengan standar protokol kesehatan,” beber Ahyani.

Komentar

VIDEO TERKINI