Bandara Ahmad Yani Layani Vaksinasi Covid-19, Ini Syarat dan Ketentuannya

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang hadirkan layanan sentra vaksinasi Covid-19 sejak 5 Juli 2021.

Layanan vaksinasi di bandara ini merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam mewujudkan target 1 juta vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada 30 Juni lalu.

“Diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah calon penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan untuk mendapatkan vaksin dosis pertama sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat terwujud,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto, Selasa (6/7/2021).

Layanan vaksinasi tersebut bertempat di area Exhibition Hall yang dibuka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, selama masa PPKM Darurat.

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini, kata Hardi, juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat, di mana syarat perjalanan udara dalam negeri dari dan menuju Pulau Jawa serta Bali wajib menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan hasil tes PCR.

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya. KKP dan Dinkes Kota Semarang bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan, KKP, Dinkes Kota Semarang, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam penyediaan sentra vaksinasi Covid-19 di Bandara Jenderal Ahmad Yani sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” ujar Hardi.

“Dengan kolaborasi yang baik ini diharapkan pelayanan vaksinasi kepada calon penumpang dapat berjalan lancar dan dapat mempercepat peningkatan presentase total populasi yang divaksinasi,” imbuhnya.

Syarat dan ketentuan vaksin Covid-19 di Bandara Jenderal Ahmad Yani adalah sebagai berikut:

  1. Vaksin yang diberikan untuk dosis pertama.
  2. Calon penumpang dalam keadaan sehat.
  3. Menunjukkan identitas diri berupa KTP, KIA, atau Kartu Keluarga.
  4. Menunjukkan tiket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan.
  5. Diutamakan bagi calon penumpang yang akan terbang pada hari tersebut (Hari-H) dan/atau pada esok harinya (H-1 sebelum jadwal keberangkatan).
  6. Mengikuti proses vaksinasi sesuai prosedur.

Adapun proses dan prosedur vaksinasi Covid1-9 di bandara sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan awal (Calon penumpang melakukan pemeriksaan tensi dan suhu).
  2. Registrasi data diri (Calon penumpang melakukan registrasi, screening riwayat penyakit dan mengisi surat pernyataan).
  3. Proses vaksinasi (Calon penumpang menerima vaksin Covid-19 dosis pertama).
  4. Observasi (Calon penumpang menunggu penilaian efek samping vaksin).
  5. Pengambilan hasil (Calon penumpang diberikan kartu vaksin Covid-19 oleh petugas).

(Sen)

  • Bagikan