Mewujudkan Kedaulatan Pemilih melalui Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Juni 29, 2021

Menyadari pentingnya mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu maupun Pemilihan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggagas pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang salah satu tujuannya adalah guna membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat.

Selain itu, juga dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih, mengedukasi masyarakat dalam memfilter informasi sehingga tidak mudah termakan isu hoaks, menghindarkan masyarakat pada praktik politik uang yang sering terjadi menjelang Pemilu dan Pemilihan, dan tak kalah pentingnya yang sekaligus dapat dilihat sebagai bentuk nyata dari kegiatan ini, adalah pembentukan kader yang mampu menjadi penggerak dan penggugah kesadaran politik masyarakat.

Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang kini tengah dijalankan KPU RI bersama KPU Provinsi dan KPU Kabupaten di sejumlah desa yang menjadi lokus pelaksanaan kegiatan ini di seluruh wilayah tanah air tentu saja menemukan momentumnya dalam menatap pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak di Tahun 2024 mendatang pasca Pilkada Serentak 2020 lalu.Sebab upaya mewujudkan sebuah desa menjadi desa yang peduli Pemilu dan Pemilihan telah mesyaratkan ukuran keberhasilan pelaksanaannya tak hanya secara kuantitatif berupa angka partisipasi pada Pemilu dan Pemilihan di berbagai level, melainkan juga secara kualitatif berupa kesadaran masyarakat (desa) dalam mengedepankan kemandirian dan rasionalitasnya dalam mengikuti Pemilu dan Pemilihan.

Yakni dengan secara sadar berani menolak adanya politik uang, mampu memfilter informasi yang berbau hoaks dan ujaran kebencian, menghindari politisasi SARA, serta tidak bersedia diintervensi oleh kepentingan tertentu. Dengan kata lain, masyarakat harus berdaulat atas pilihan politiknya sendiri. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI