Pecah Rekor Kasus, Klaten Terancam Masuk Zona Merah

Juni 21, 2021

KLATEN, RAKYATJATENG – Penambahan kasus baru Covid-19 di Klaten per Sabtu lalu (19/6) telah memecahkan rekor. Muncul 266 kasus baru. Ini merupakan jumlah yang tertinggi selama pandemi Covid-19.

Selain itu, terdapat 996 kasus aktif. Kondisi ini membuat status Klaten terancam menjadi zona merah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan menyiapkan skenario jika statusnya berubah menjadi zona merah. Status itu baru diketahui Senin (21/6) pagi usai dilakukan penilaian selama satu pekan.

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten Ronny Roekmito mengungkapkan, Senin hari ini (21/6) akan diadakan rapat koordinasi (rakor) untuk mengambil sejumlah kebijakan. Termasuk persiapan jika nanti Klaten menjadi zona merah.

“Semuanya memecahkan rekor, baik penambahan kasus baru maupun kasus aktifnya. Paling tinggi selama pandemi Covid-19 ini. Tetapi keterisian tempat tidur masih aman,” ucap Ronny saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (20/6), dikutip dari Jawa Pos Radar Solo.

Ketika ditanya soal opsi menerapkan lockdown tingkat kabupaten, Ronny mengungkapkan, belum memiliki pandangan ke arah sana. Mengingat munculnya kasus baru Covid-19 di Klaten terjadi secara sporadis. Apalagi selama penerapan PPKM mikro lebih mengedepankan mikro lockdown seperti yang pernah diterapkan sebelumnya.

Ronny menjelaskan, dari penambahan 266 kasus baru itu ada yang dirawat di rumah sakit. Meski begitu, sebagian besar melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Termasuk mengoptimalkan isolasi mandiri di tingkat kecamatan maupun desa serta kabupaten.

Sementara itu, dari 266 kasus baru itu didominasi penyebab terpaparnya karena kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya. Disusul adanya transmisi lokal serta adanya perjalanan luar kota. Maka pihaknya meminta seluruh pihak tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Komentar

VIDEO TERKINI