Siapkan 1.000 Lowongan Kerja, Kemnaker-Plan Indonesia Gelar Digital Career Expo 2021

Juni 20, 2021

JAKARTA, RAKYATJATENG – Masa pandemik COVID-19 berdampak pada akses lapangan pekerjaan bagi kaum muda, terutama perempuan.

Guna memajukan kesempatan kerja setara bagi kaum muda, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) kembali menggelar Digital Career Expo pada 18-19 Juni 2021 dengan mengusung tema ‘Finding Career in Digital Era!’.

Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), acara ini menyediakan sedikitnya 1.000 lowongan pekerjaan bagi sekitar 10.000 peserta, dari 100 perusahaan yang berpartisipasi.

Lewat kegiatan ini pula, Kemnaker dan Plan Indonesia terus berupaya meningkatkan peluang kerja layak dan setara bagi kaum muda di tengah pandemik COVID-19.

Melalui program Wired 4 Work! (W4W) yang didukung oleh Accenture sejak 2018, Plan Indonesia secara konsisten berupaya meningkatkan keterampilan kerja kaum muda di berbagai sektor, khususnya melalui platform ketenagakerjaan online, YES!DIGITAL.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah memberikan apresiasi atas terselenggaranya Digital Career Expo.

Menurut Menaker Ida, acara yang diselenggarakan dengan memanfaatkan Karir Hub, platform dari Sistem Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI, ini merupakan upaya yang dapat mendukung pemulihan sektor ketenagakerjaan Indonesia.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk implementasi konsep link & match di pasar kerja, dengan mempertemukan antara pekerja dan pencari kerja dalam acara bursa kerja. Manfaat acara ini juga semakin besar, karena diadakan pada momen dunia ketenagakerjaan Indonesia sedang terdampak adanya pandemik COVID-19,” kata Menaker Ida dalam pembukaan Digital Career Expo 2021 di Jakarta pada Jumat (18/6/2021).

Sementara itu Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia Dini Widiastuti menjelaskan, Digital Career Expo 2021 diharapkan tak hanya membuka peluang kerja bagi kaum muda, namun juga membuka peluang untuk menghadirkan kolaborasi multipihak.

Komentar

VIDEO TERKINI