Empat Jalur PPDB SMA/SMK Dibuka Serentak

Juni 20, 2021

Seleksi prestasi berdasarkan nilai rapor ditambah bobot nilai prestasi (kejuaraan) akademik dan nonakademik (dari hasil kejuaraan berjenjang maupun tidak berjenjang). Kemudian bukti prestasi diterbitkan paling singkat enam bulan dan paling lama tiga tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

“Untuk komponen penilaian penghitungan nilai akhir pada SMA jalur prestasi meliputi; jumlah nilai rapor (NR) semester I hingga V SMP/MTs atau sederajat,” ujarnya.

Sementara itu, untuk PPDB SMK seleksi bagi CPD dari gakin dan lingkup Covid-19 paling sedikit 15 persen. Bagi lingkup Covid-19 maksimal lima persen. Lalu seleksi jarak terdekat memiliki kuota paling banyak 10 persen bagi CPD sesuai domisili dengan satuan pendidikan pilihan.

“Sedangkan seleksi prestasi didasarkan atas NR dan bobot prestasi kejuaraan akademik dan nonakademik. Prioritas seleksi didasarkan oleh pilihan, domisili dalam satu wilayah kabupaten atau kota, dan usia yang lebih tua,” ungkap Suyanta.

Kemudian komponen penilaian untuk penghitungan nilai akhir SMK meliputi jumlah NR semester I hingga V SMP/MTs atau yang sederajat. Serta bobot nilai kejuaraan (NK). (nis/bun/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI