Kelompok Tani di 13 Kecamatan Dapat Belasan Kendaraan Roda Tiga

  • Bagikan

UNGARAN, RAKYATJATENG – Untuk membantu petani mempercepat proses tanam dan panen, Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang membagikan 19 alat angkut bermotor roda tiga kepada kelompok tani, yang tersebar di 13 kecamatan.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya membantu petani untuk meningkatkan hasil dan mutu produk pertanian. Salah satunya, dengan memberikan peralatan penunjang usaha tanam maupun paska panen.

“Bantuan ini dapat memperlancar kegiatan angkut pupuk saat tanam maupun hasil panen,” ujar bupati pada penyerahan bantuan secara simbolis di Aula Kantor Dispertanikap, Senin (14/6/2021).

Disampaikan, berbagai langkah strategis, dilakukan untuk meningkatkan mutu pembangunan sektor pertanian. Menurutnya, bantuan yang diberikan kepada kelompok tani sekarang menjadi bukti kesungguhan Pemkab Semarang membangun sektor pertanian.

Bahkan, lanjut Ngesti, saat ini sedang dijalin kerja sama dengan eksportir untuk menjual komoditas porang ke luar negeri. Bahan baku pembuatan mi shirataki itu diminati pembeli manca negara.

“Kita akan ajak petani memanfaatkan lahan kosong untuk menanam porang,” terangnya lagi.

Kepala Dispertanikap Kabupaten Semarang Wigati Sunu menjelaskan, bantuan alat mesin pertanian diberikan setiap tahun.

Penerima bantuan Trimo, mengaku senang menerima bantuan tersebut. Anggota Kelomtan Karya Tani V Karangduren itu merasa yakin usaha pertaniannya akan lebih maju.

“Sebelumnya, pengangkutan pupuk dan hasil panen menggunakan alat tradisional beroda satu,” katanya dengan raut muka ceria. (*)

  • Bagikan