Begini Pengalaman Mahasiswa Unisbank Mengajar di Sekolah Inklusi

Juni 8, 2021

“Kalau biasanya kan saya memberikan les kepada anak-anak. Tidak hanya jumlah anak yang les ini hanya sedikit, tapi mereka adalah anak pada umumnya. Tapi di sini jumlah siswa ada banyak dan berkebutuhan khusus. Saya megang anak kelas 2,” ungkapnya.

“Mereka itu kan tidak bisa berinteraksi dan komunikasi. Jadi walaupun kita ngomong, mereka enggak ngerti kita ngomong apa. Jadi saya juga bingung. Bener-bener harus diarahin misalkan nulisnya kaya gini, ya harus kita contohin di depannya langsung,” lugas perempuan berparas ayu itu.

Ketua BEM FBIB Unisbank itu menyampaikan, harus bisa memahami keinginan siswanya yang terdiri anak autis, hiperaktif, dan down syndrome. Jika mereka enggan belajar, maka tak langsung dipaksa melainkan mesti menunggu waktu yang tepat.

“Jadi harus benar-benar sabar. Kalau misal yang down syndrome itu kan memiliki keterlambatan dalam perkembangan, jadi kalau dia enggak mau belajar ya kita enggak bisa maksa. Jadi harus sesuai sama keinginannya. Yang penting dia mau datang ke sekolah aja udah Alhamdulillah,” katanya.

Masa pandemi Covid-19 tak urung kian menambah hambatan. Pembelajaran daring untuk mencegah penyebaran virus corona, ternyata sama sekali tak efektif diterapkan bagi anak berkebutuhan khusus. Terlebih, bagi anak-anak yang masih berada di kelas 2.

“Untuk sekolah online itu sangat susah. Teman saya yang ngajar anak kelas 5 itu sekolah online, saya ngelihatnya sangat repot. Apalagi saya ngajar kelas 2, anak-anak masih kecil dan kebutuhan khusus. Makanya agar tetap sesuai protokol kesehatan anak-anak yang masuk kita gilir,” katanya. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI