Stafsus Presiden Nilai Semarang Jadi Contoh Kota Ramah Disabilitas

Juni 2, 2021

Terkait hal itu, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan yang sama kepada kelompok disabilitas, termasuk pada program vaksinasi dan kemandirian ekonomi melalui UMKM.

“Saat ini, program vaksinasi terus berjalan dan mencapai angka 480 ribu. Termasuk di dalamnya adalah prioritas vaksinasi bagi kelompok lansia, disabilitas dan pekerja pariwisata. Silakan hubungi dan info ke kami jika ada yang belum terjangkau pelayanan,” tuturnya.

Sedangkan terkait dukungan bagai pelaku UMKM penyandang disabilitas, melalui Dinas Sosial dan Dinas Koperasi dan UMKM, Pemerintah Kota Semarang juga terus melakukan penguatan kemandirian kelompok disabilitas.

Di antaranya melalui pelatihan dan pendampingan usaha panti pijat, boga, hantaran pengantin, desain grafis dan terapi khusus, penyerahan kursi roda, dan penguatan ketrampilan serta kemandirian lain sesuai kebutuhan masing-masing penyandang disabilitas.Di sisi lain, Hendi juga mengalokasikan kuota 2.5% dari total formasi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dibuka Pemerintah Kota Semarang, untuk bisa diisi oleh kelompok disabilitas.

“Dari total 1.000 kuota ASN yang akan dibuka Pemerintah kota Semarang, porsi 2.5% disiapkan khusus untuk kawan-kawan disabilitas. Hal tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam pemenuhan hak dan cakupan akses pelayanan yang sama bagi kelompok disabilitas,” ungkapnya. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI