Pemkab Sragen Butuh 1.589 PPPK dan 63 CPNS, Ini Jadwal dan Formasi Lengkapnya

Mei 29, 2021

Peserta seleksi CPNS Sragen 2019 silam. Seleksi CPNS-PPPK diumumkan Minggu (30/5). (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

SRAGEN, RAKYATJATENG – Pemerintah Kabupaten Sragen akan mengumumkan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), Minggu (31/5). Formasi CPNS paling banyak dari tenaga kesehatan. Sedangkan PPPK dikhususkan untuk guru honorer.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sragen Sutrisna menyampaikan, sudah ada arahan dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan tes CPNS.

”Kemarin hasil rapat via Zoom meeting pengumuman tanggal 30 Mei. Kami menunggu surat resminya,” terang Sutrisna, Jumat (28/5/2021).

Pihaknya membenarkan ada petunjuk dari kementerian soal penyelenggaraan CPNS. Pengumuman CPNS dan PPPK dilaksanakan bersama-sama. Namun, soal tes lebih didahulukan CPNS. Baru setelah itu dijadwalkan pelaksanaan tes PPPK.

Untuk formasi CPNS dibutuhkan 63 orang tenaga kesehatan dan tenaga teknis yang lainnya. Sedangkan formasi PPPK 1.589, dikhususkan untuk tenaga guru yang sudah mengajar atau honorer. Namun tidak bisa untuk lulusan baru atau fresh graduate dari universitas. Peserta seleksi PPPK harus terdaftar dahulu masuk NUPTK.

”Formasi untuk PPPK kami mengajukan 1.938, tapi tidak bisa semua. Belum bisa menghabiskan guru honorer. Kami dasarnya formasi, bukan jumlah gurunya,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen Prihantomo menyampaikan, ada 321 formasi guru SMP yang memungkinkan masuk sebagai PPPK. Sisanya 1.268 merupakan guru SD. Pengurus PGRI Kabupaten Sragen ini terus memotivasi dan mendorong para guru honorer di SMP agar bisa lulus tes PPPK.

”Makanya kami PGRI terus melakukan pelatihan mengerjakan soal soal bagi guru-guru honorer ini. Dilatih terus, harapannya kalau besok tes itu bisa lolos. PGRI memfasilitasi mereka,” jelasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI