Dikelola Angkasa Pura II, Bandara Soedirman Purbalingga Beroperasi Juni

Mei 27, 2021

Landas pacu Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, yang akan dioperasikan pada awal Juni 2021. ANTARA/HO-AP II.

SEMARANG, RAKYATJATENG – PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mempersiapkan pembukaan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, yang dijadwalkan beroperasi awal Juni 2021.

Dirut AP II Muhammad Awaluddin mengatakan sejumlah aspek administrasi sudah disiapkan, antara lain diterbitkannya Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Nomor KP 98 Tahun 2021 tertanggal 22 April 2021, yang menetapkan secara resmi bahwa pengelolaan Bandara Jenderal Besar Soedirman berada di bawah PT Angkasa Pura II (Persero).

“Surat keputusan tersebut menyatakan bahwa bandara yang dikelola AP II total berjumlah 20 bandara, ada penambahan satu bandara yaitu Bandara Jenderal Besar Soedirman. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan keputusan Kementerian Perhubungan yang menetapkan AP II selaku pengelola 20 bandara di Indonesia,” katanya dalam siaran pers, Kamis (27/5/2021).

Awaluddin mengatakan Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan Sertifikat Bandar Udara No 0163/SBU-DBU/IV/2021 bagi Bandara Jenderal Besar Soedirman dan juga persetujuan atas sejumlah dokumen wajib lainnya.

“Dokumen mandatori tersebut adalah Airport Security Programme, Aerodrome Manual, Emergency Plan Document, Safety Management System Manual, Safety Risk Assessment, dan SOP Airside Operation,” ujarnya.

Ia menambahkan Bandara Jenderal Besar Soedirman merupakan bandara penunjang penerbangan bagi sejumlah kabupaten yakni Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Pemalang, dan Wonosobo.

“Bandara Jenderal Besar Soedirman ini merupakan pelopor konektivitas penerbangan komersial di wilayah tersebut,” katanya.

Sebagai bagian dari persiapan aspek operasional, Awaluddin mengatakan AP II telah tuntas membangun fasilitas sisi udara (airside) meliputi runway berdimensi 1.600 x 30 meter untuk mengakomodir penerbangan pesawat propeller ATR 72-600 dan sejenis, apron seluas 69 x 103 meter, dan taxiway dengan lebar 15 meter.

Komentar

VIDEO TERKINI