Dipercepat, Bupati dan Wabup Sragen Yuni-Suroto Dilantik Senin

Mei 23, 2021

SRAGEN, RAKYATJATENG – Pasangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Suroto bakal dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sragen besok pagi, Senin (24/5/2021).

Pelantikan ini dipercepat dari rencana sebelumnya yang dijawalkan Juli menunggu kabupaten lainnya.

Pasangan yang diusung PDIP dan PKB ini bakal dilantik di Kantor Gubernur Jawa Tengah di Kota Semarang.

Percepatan pelaksanaan pelantikan ini berkaitan dengan surat permohonan yang dikirim Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sragen Tatag Prabawanto pada Senin (17/5) lalu.

Lantas menyusul kepastian turunnya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal izin percepatan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih hasil pilkada serentak 2020 di Jateng.

Surat diterbitkan Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah tertanggal 21 Mei 2021 bernomor 131.33/3342/OTDA dan ditandatangani oleh Dirjen Akmal Malik. Surat itu mengamanatkan tentang pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah untuk Kabupaten Sragen dan Demak.

Plh Bupati Sragen Tatag Prabawanto membenarkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Sragen dipercepat dan digelar Senin (24/5).

“Benar, sudah positif pelantikan akan digelar Senin besok (hari ini). Prosesi pelantikan di provinsi. Sedangkan di Sragen nanti bisa diikuti secara virtual di pendapa rumah dinas bupati. Mulai pukul 09.30,” jelasnya.

Tatag menuturkan, sebelumnya Plh Bupati Sragen dan Demak sama-sama mengajukan surat permohonan pelantikan bupati dan wakil bupati ke Kemendagri untuk dilakukan percepatan pelantikan. Dan surat itu dijawab dan mendapatkan izin pelantikan untuk kedua daerah ini.

Tatag menyampaikan, percepatan pelantikan dipandang penting untuk menghindari kekosongan pemerintahan bupati terpilih yang terlalu lama. Karena ada sejumlah agenda penting.

Komentar

VIDEO TERKINI