Ruangan Arsip Kantor BPN Klaten Terbakar, Belum Diketahui Penyebabnya

  • Bagikan
Salah satu petugas berjaga di lokasi kebakaran Kantor BPN Klaten. (ANTARA/Aris Wasita)

KLATEN, RAKYATJATENG – Ruangan arsip di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, terbakar pada Sabtu (22/5), pukul 17.40 WIB.

Berdasarkan pantauan, hingga pukul 20.50 WIB proses pemadaman masih terus dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran.

“Sekitar pukul 17.57 WIB kami menerima laporan dari masyarakat bahwa di gedung arsip BPN terjadi kebakaran,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten Joko Hendrawan.

Ia mengatakan pihaknya menerjunkan empat armada dan dibantu mobil tangki air dari BPBD setempat. Selain itu, Satpol PP juga menerjunkan sekitar 20 anggota Damkar dibantu PMI, SAR, BPBD, TNI/Polri, dan relawan.

Disinggung mengenai penyebab kebakaran di ruangan arsip tersebut, dikatakannya, sejauh ini masih dalam penyelidikan. Sedangkan mengenai proses pemadaman, dikatakannya, saat ini sudah pendinginan.

“Saat ini masih fokus penanganan arsip yang bisa diamankan. Kemudian karyawan BPN juga sudah datang menyelamatkan arsip yang lain,” katanya.

Wakapolres Klaten Kompol Adi Nugroho mengatakan saat ini petugas kepolisian masih melakukan pengamanan di lokasi.

“Besok pagi dari labfor (melakukan pemeriksaan) untuk menentukan penyebab kebakaran,” katanya.

Ia mengatakan kebakaran terjadi di ruangan arsip di gedung bagian belakang lantai dua. Menurut dia, ada lima ruangan yang terbakar.

Selanjutnya, ia memastikan dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, sedangkan untuk kerugian materi sampai saat ini masih diperkirakan.

“Nanti yang jelas kami lapor dulu, terkait penyebab dan kerugian kami hitung ulang,” katanya.

Sementara itu, saat ini pihaknya juga sudah meminta keterangan dari pegawai BPN. Meski demikian, ia masih enggan memberikan keterangan terkait hal tersebut.

“Pegawai sudah kami interogasi awal, seperti apanya masih berproses, nanti akan kami sampaikan kalau sudah ada info lebih lanjut,” katanya. (Antara)

  • Bagikan