Sempat Dikenal ‘WC Terpanjang’, Kali Semarang Disulap Jadi Destinasi Wisata Ikonik

Mei 15, 2021

“Nanti konsep penataan public space, dari Dinas Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang,” tambahnya.

Plt Kepala Distaru Kota Semarang, M Irwansyah menjelaskan jika perencanaan sudah selesai.Prinsipnya melakukan penataan Kali Semarang mulai dari Kalisari sampai ke utara atau kawasan Pecinan.

“Kami akan melakukan penataan agar lebih indah. Nah kalau konsepnya nanti akan dikomunikasikan lagi dengan Wali Kota Semarang,” katanya.

Untuk rencana pembangunan, kata Irwansyah, belum dilakukan dalam waktu dekat ini. Masih melihat kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkot Semarang.

“Kalau tahun ini, masih belum. Kami lihat anggarannya dulu,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, penataan Kali Semarang dilakukan bertahap dengan mengubah citra sungai yang sebelumnya dikenal sebagai WC terpanjang di dunia, menjadi tempat yang ikonik dan bisa menjadi tempat wisata.

“Alhamdulillah, mulai dari Pasar Kembang, SMP Domsav, sampai belakang kantor Balaikota Semarang sudah kami tata. Mudah-mudahan tahun depan selesai, tinggal buat manajemen airnya. Tidak menutup kemungkinan bisa menjadi jalur perahu sebagai penunjang wisata air,” pungkasnya. (den/ida/ap/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI