Finish ke-5, Mario Suryo Aji Bertahan di 4 Besar Klasemen Moto3 Junior World Championship

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji berhasil mencatat hasil positif dengan finish di posisi ke-5 pada balapan kedua ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (9/5/2021).

Capaian tersebut membuat pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tersebut bertahan di posisi empat besar klasemen sementara. Setelah menjalani sesi latihan bebas yang cukup sulit, pembalap satu-satunya dari Indonesia ini mendapatkan posisi start ke-14 pada sesi kualifikasi.

Pada balapan yang diselenggarakan sebanyak dua kali akhir pekan lalu, Mario sempat kehilangan beberapa posisi saat mengawali balapan pertama, hingga keluar dari top 20.

Namun, pembalap muda asal Magetan tersebut tetap tenang dan berhasil melewati beberapa pebalap hingga berhasil masuk ke grup kedua, dan finish di posisi delapan.

“Pada balapan pertama, saya melakukan start yang kurang sempurna, sehingga saya kesulitan mendapatkan kecepatan yang bagus, karena harus melewati banyak pembalap,” kata Mario dalam keterangan resmi, Senin (10/5/2021).

Balapan kedua diwarnai red flag sebelum lap pertama berakhir, yang membuat start diulang dan balapan dikurangi menjadi 12 lap. Mario langsung tancap gas dan mengisi barisan top 10 dan akhirnya menutup balapan dengan finis di posisi kelima.

“Pada balapan kedua, suhu aspal sangat tinggi, tetapi saya memulai balapan dengan lebih baik dan cepat. Saya fokus untuk tidak melakukan kesalahan dan berhasil finish di posisi kelima. Untuk balapan berikutnya saya harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan podium,” ujar Mario.

Deputy General Manager Planning Analysis PT Astra Honda Motor (AHM), Andy Wijaya mengatakan, pembalap muda Indonesia berjuang keras untuk mengharumkan nama Tanah Air dengan mencatatkan hasil positif di setiap putaran CEV International Championship.

“Kami mengapresiasi usaha Mario yang selalu berupaya tampil maksimal dan mampu mencatatkan hasil positif di setiap seri balapan. Menemani hal tersebut kami akan selalu mendukung pebalap Indonesia dalam proses meraih mimpi di dunia balap sepeda motor dengan semangat Satu Hati,” kata Andy.

Dua hasil pada balapan ini memastikan wakil Indonesia tersebut berada di peringkat kempat klasemen sementara, sejauh ini telah mengumpulkan 32 poin, tertinggal dua angka dari pembalap di posisi ketiga.

Putaran ketiga musim ini akan berlangsung di Barcelona, pada 13 Juni 2021, dengan dua balapan digelar. (Sen)

  • Bagikan