UMKM Jateng Pamer di Singapura, Ganjar: Siap Go Internasional

April 29, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dengan membawa produk dan karya unggulan mereka, sedikitnya 28 UMKM asal Jawa Tengah (Jateng) mengikuti pameran Suntec City Mal Singapura.

Pameran “UMKM Gayeng 2021 Monco Negoro: Artisan Jawa Tengah Go Internasional” tersebut berlangsung hingga 23 Mei 2021 mendatang.

Gunernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya sengaja memberangkatkan UMKM Gayeng 2021 Jateng ke Singapura tersebut. Tujuannya yakni untuk melakukan tes pasar produk UMKM Jateng di luar negeri.

“Hari ini dengan Bank Indonesia kita coba tes (pasar) di Suntec City Mal Singapura, semoga bisa sukses. Acara di Singapura juga dihadiri oleh lima duta besar, kita paksa mereka untuk beli produk UMKM,” kata Ganjar di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (29/4).

Menurut Ganja, produk UMKM di Jateng sudah siap untuk masuk pasar internasional. Bahkan, produk-produk UMKM di Jawa Tengah maupun Indonesia juga sudah banyak yang mendapat pengakuan dan peminat dari beberapa negara.

“Kita juga sudah punya banyak event dengan BUMD dan BUMN. Kita mencoba mendorong agar mereka berprestasi dan bisa menjual produk, tidak hanya di Jawa Tengah, tetapi juga di luar negeri,” katanya.

Produk-produk UMKM yang telah masuk pasar luar negeri telah melewati proses kurasi. Dengan kualitas produk dan pengemasan yang dinilai bagus, serta telah menyediakan layanan penjualan online. Dan dalam hal ini, kata Ganjar, produk UMKM Jateng telah bisa unggul. Terbukti dari banyakknya peminat produk UMKM Jateng di luar negeri.

“Dari pameran daring dan luring itu ternyata bisa menarik minat kawan di luar negeri. Kemarin kawan di Prancis mengubungi saya bahkan membuat video yang isinya menawarkan untuk menjualkan produk di Eropa. Harapannya nanti itu bisa menjadi hub (pusat penghubung) untuk negara-negara Eropa. Jadi kita tidak boleh minder, produk kita tidak jelek, justru unik dan menarik,” papar Ganjar.

Komentar

VIDEO TERKINI