Terminal Klaten Lakukan Tes GeNose Acak ke Penumpang

April 28, 2021

KLATEN, RAKYATJATENG – Terminal Ir Soekarno Klaten telah menerapkan tes GeNose C19 setiap harinya secara acak. Dikhususkan terhadap para penumpang. Baik mereka yang tiba maupun berangkat dari terminal tipe A tersebut.

Penerapan tes GeNose dilaksanakan secara gratis terhadap 10 penumpang bus setiap harinya sejak 12 April lalu. Alat tes GeNose itu merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk Klaten.

“Memang untuk saat ini baru dibatasi 10 orang saja setiap harinya. Total sampai saat ini sudah ada 150 orang yang telah dites dengan GeNose ini. Untuk hasilnya seluruhnya negatif,” jelas Pengelola Teknologi Informasi Terminal Ir Soekarno Klaten Saryana.

Pelaksanaan tes GeNose itu dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di area terminal. Termasuk mendukung pelaksanaan tracking terhadap penumpang yang tiba maupun berangkat dari terminal. Mengingat Terminal Ir Soekarno Klaten selama ini menjadi salah satu titik kedatangan dan keberangkatan penumpang ke Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

“Ke depannya tes GeNose ini akan terus kami lakukan. Meskipun sebelumnya kami sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Terutama bagi penumpang yang tiba di terminal,” jelasnya.

Saryana menjelaskan, penumpang yang baru tiba di terminal langsung dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu. Termasuk melakukan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Jika suhu tubuhnya di atas 37, 3 derajat Celcius, maka disarankan untuk langsung memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Sedangkan mereka yang di bawah 37,3 derajat Celcius diminta untuk mengisi form sebagai bagian pendataan. Mulai dari identitas diri hingga daerah yang hendak dituju di Klaten. Seluruh data yang masuk itu akan dilaporkan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten.

Komentar

VIDEO TERKINI