Tim Damkar Evakuasi Dua Kambing yang Terperosok ke Dalam Sumur

April 27, 2021

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Dalam upaya penyelamatan yang dilakukan petugas pemadam kebakaran (damkar), mereka tak pilih-pilih. Semua ditangani dengan serius.

Termasuk ketika mengevakuasi dua ekor kambing yang terperosok ke dalam sumur di Tambakan RT 5 RW 3, Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, pagi kemarin.

Kejadian bermula sekitar pukul 08.00, kambing jantan dan betina milik Suparno, 60, warga setempat saling berkejaran dan naik ke bibir sumur yang telah ditutup seng.

Nahas, karena tak kuat menahan berat kambing, seng amblas. “Spontan, dua ekor kambing terpersok,” terang Kepala Bidang Damkar Satpol PP Sukoharjo Margono, kemarin.

Kejadian tersebut segera dilaporkan ke damkar. Tim damkar langsung menuju lokasi kejadian dengan peralatan lengkap. Salah satunya tripod milik SAR Kabupaten Sukoharjo. Alat tersebut difungsikan membantu tim damkar masuk ke dasar sumur.

Setelah berjibaku selama satu jam, tim damkar berhasil menyelamatkan satu ekor kambing, sedangkan satu lainnya tewas sebelum sempat dievakuasi.

Margono meminta masyarakat tidak segan menghubungi tim damkar ketika menemui kondisi darurat. Sebab, tim tersebut bukan hanya lihai dalam menjinakkan api, tapi juga menanganai kondisi tertentu lainnya. Di antaranya evakuasi sarang tawon, ular berbisa yang masuk ke permukiman, dan sebagainya.

Upaya pertolongan tersebut dilakukan dengan ekstra hati-hati. Setiap personel damkar juga telah menjalani pelatihan khusus, sehingga dipastikan dalam bertugas selalu mengutamakan keselamatan. Tidak kalah pentingnya, bantuan dari tim damkar gratis. (rs/kwl/fer/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI