Kasus Covid Meledak Lagi Jelang Mudik

April 26, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Penyekatan mudik Lebaran baru dimulai, namun kasus Covid-19 di eks Karesidenan Surakarta sudah melonjak lagi. Seperti di Sukoharjo, Klaten, dan Kota Solo dalam beberapa hari terakhir terus ada penambahan kasus baru. Pemicunya diduga masyarakat mulai abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

Katua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani mengatakan, penambahan pasien-pasien baru ini memang tidak terlalu signifikan jika dilihat dari jumlahnya. Namun, jika dilihat dari fenomena atau tren kenaikannya memang perlu menjadi perhatian seluruh masyarakat.

“Benar ada penambahan pasien baru di sejumlah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19. Namun, memang belum membuat seluruh kapasitas ruang perawatan kami penuh,” jelas dia, Minggu (25/4/2021).

Berdasarkan data Covid-19 Kota Surakarta pada Rabu (14/4), sedikitnya 122 orang pasien terkonfirmasi positif menjalani isolasi madiri, dan 52 pasien terkonfirmasi positif dirawat. Jumlah itu terus bertambah.

Pada Sabtu (24/4) menunjukkan kenaikan jumlah pasien isolasi mandiri yang terkonfirmasi positif mencapai 198 orang. Sementara jumlah pasien terkonfirmasi positif dalam perawatan mencapai 62 orang.

“Peningkatan masih di bawah 100 kasus baru untuk dalam kota. Kapasitas ruang perawatan masih cukup. Memang tidak sampai tolak pasien, hanya saja memang ada penambahan kasus dalam beberapa hari terakhir,” jelas Ahyani.

Munculnya kasus-kasus baru itu diduga karena masyarakat mulai abai dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Banyaknya capaian vaksinasi yang terus dilakukan membuat masyarakat makin banyak berinteraksi di luar ruangan dengan melakukan berbagai aktivitas kegiatan.

Pemkot mendorong masyarakat agar tetap patuh dalam penerapan prokes dari memakai masker, jaga jarak, serta mengurangi interaksi dengan banyak, mengingat Covid-19 belum reda.

Komentar

VIDEO TERKINI