Dilarang Mudik, Penerbangan Perdana di Bandara Ngloram Cepu Batal

April 26, 2021

Dokumentasi: Rombongan Kementerian Perhubungan saat berkunjung di Bandara Ngloram, Cepu, Blora, baru-baru ini. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

BLORA, RAKYATJATENG – Rencana penerbangan perdana di Bandara Ngloram, Cepu, Blora, Jawa Tengah, sebelum Lebaran dipastikan kandas. Sebab, ada surat edaran dari pemerintah pusat terkait larangan mudik hingga 24 Mei. Jadi, pembukaan penerbangan perdana pun ikut mundur.

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora terus berupaya segera membuka penerbangan komersial di Bandara Ngloram.

Belum lama ini, Bupati Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru Ariadi Widiawan kembali melobi Lion Air Grup untuk membuka penerbangan jalur Halim Perdanakusumah-Ngloram. Yaitu di Lion Tower, Bilangan Gambir, Jakarta Pusat. Kedatangannya diterima Presiden Direktur Lion Air Rudy Lumingkewas.

”Di depan Pak Rudy Lumingkewas, kami sampaikan di Blora ada bandara baru yang butuh dukungan pembukaan maskapai penerbangan. Kami ingin ada kerja sama agar Lion Air Group bisa ikut membuka penerbangan perdana dengan Wings Air ATR-72 rute Halim-Ngloram,” ungkap bupati.

Awalnya, dia ingin pembukaan penerbangan perdana bisa dilakukan sebelum Lebaran. Namun karena ada surat edaran dari pemerintah pusat terkait larangan mudik hingga 24 Mei, pembukaan penerbangan perdana pun ikut mundur.

”Kami dengar, syarat pembukaan penerbangan Lion Air Group bisa lebih cepat. Sehingga kami berharap bisa segera buka untuk Halim-Ngloram dengan ATR-72. Karena potensi penumpang sangat bagus yang didukung industri migas (minyak bumi dan gas). Sebagai tahap awal, kami minta seminggu dua atau tiga kali penerbangan dahulu,” ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya penerbangan ini, nantinya akses konektivitas antardaerah bisa tersambung. Sehingga Kabupaten Blora bisa lebih maju dan masyarakatnya sejahtera.

”Kalau masalah perizinan jadwal dari Halim, kebetulan komandan AU-nya orang asli Blora. Akan kami hubungi langsung, agar bisa mengawal pembukaan rute penerbangan ini. Mohon doanya semua,” imbuhnya.

Komentar

VIDEO TERKINI