Kandang di Tawangmangu Karanganyar Terbakar, 7000-an Ekor Ayam Terpanggang

April 23, 2021

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Sebuah kandang ayam yang berada Dusun Barakan, Bandardawung, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (23/4/2021) pagi tadi ludes terbakar.

Berdasarkan informasi, seperti dikutip dari Jawa Pos Radar Solo, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun sebanyak 7000-an ayam ternak yang masih berumur kurang lebih satu pekan hangus terpanggang.

Camat Tawangmangu, Rusdianto saat dihubungi wartawan menjelaskan bahwa kandang ayam yang terbakar tersebut merupakan milik Supartini, 55 warga Dawung, Desa Bandardawung. Dari keterangan sementara, peristiwa tersebut bermula saat salah satu pekerja di kandang ayam pada pukul 04.30 WIB mengganti gas yang digunakan untuk pemanas suhu pada kandang.

Setelah diganti, pekerja tersebut kembali ke salah satu bangunan yang tak jauh dari kandang ayam tersebut. Namun, sekira pukul 05.00 WIB, salah satu pekerja yang ada di kandang tersebut mencium bau asap. Setelah di cek keluar, ternyata bangunan kandang ayam tersebut terbakar.

Melihat kondisi ini, salah satu pekerja meminta tolong kepada masyarakat sekitar untuk membantu memadamkan api. Namun karena bahan bangunan kandang yang dibuat dari bambu mudah terbakar, api pun terus membesar. Kemudian warga langsung menghubungi Pemadam Kebakaran, BPBD, TNI dan Polri serta relawan Tawangmangu.

“Kandang ayam ini bangunannya berbentuk Leter L. Di bangunan ini tidak hanya dipenuhi ternak ayam saja, namun juga ada gudang untuk cadangan pakan, dan kamar untuk pekerja. Tapi yang terbakar hanya kandang saja,” terang Camat Tawangmangu.

Api baru bisa dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Karanganyar datang dengan dibantu relawan dari Tawangmangu, anggota BPBD, Polsek, dan Koramil.

Komentar

VIDEO TERKINI