MUI dan Baznas Kota Semarang Tetapkan Nominal Zakat Fitrah Rp35.000 per Orang

April 9, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Semarang bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang rilis tabel nishab zakat fitrah, zakat mal dan fidyah Ramadhan 1442 Hijriyah.

Tabel nishab ditetapkan pada rakor bersama UPZ masjid dan lokakarya penentuan nishob zakat mal, zakat fitrah dan fidyah di Hotel Horison Nindya Semarang, Kamis (8/4/2021).

Ketua Umum MUI Kota Semarang, Prof Dr KH Moh Erfan Soebahar menyampaikan, tabel nishab tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan kewajiban zakat.

“MUI bersama Baznas, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Kemenag Kota Semarang ingin memudahkan dalam mengumpulkan dan mendistribusikan zakat,” ujar Prof Erfan di sela-sela kegiatan Rakor.

Disampaikan, ada 4 poin dalam tabel tersebut, yakni ketentuan zakat fitrah, ketentuan fidyah puasa Ramadhan, ketentuan zakat emas, uang, dan usaha, serta ketentuan zakat pertanian.

“Ketentuan zakat fitrah bagi muslim yang mampu memberikan nafkah untuk keluarga saat Idul Fitri, nishabnya sebesar 2,5 kilogram. Adapun waktunya di awal Ramadhan hingga menjelang salat Ied. Jika diuangkan besaran zakat fitrah per orang yakni Rp35.000,” jelasnya.

Untuk ketentuan zakat emas (juga perak, logam, dan batu mulia), uang dan usaha. Jenis emas murni misalnya, nishabnya 85 gram dengan kadar 2,5 persen, dibayarkan tiap tahun atau bulan dan jika diuangkan menyesuaikan harga emas.

Selanjutnya zakat usaha (niaga, profesi dan jasa). Jenis perniagaan, industri, gaji, tabungan, deposito dan semua bentuk usaha yang halal, maka senilai nishab emas (85 gram) kadar 2,5 persen yang dibayarkan tiap tahun atau bulan dan menyesuaikan harga emas.

Sementara untuk ketentuan zakat pertanian (beras, gabah dan tumbuh-tumbuhan). Jenis beras nishabnya 653 kilogram dengan kadar 5 persen (memakai biaya) dan 10 persen (tanpa biaya) yang waktunya dilakukan setiap kali panen.

Komentar

VIDEO TERKINI