Lantik Gibran Jadi Ketua Mabicab, Atikoh: Pramuka Mesti Jadi Mitra Pemerintah

April 9, 2021

SURAKARTA, RAKYATJATENG – Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Surakarta Periode 2021-2025. Pelantikan dilakukan Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo, di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta, Jumat (9/4/2021).

Ketua Kwarda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo menekankan, Pramuka mesti menjadi mitra pemerintah daerah. Karenanya, mereka dituntut bisa membuat program yang bersinergi dan bermitra dengan SKPD maupun lembaga lain.

“Sehingga, program pembangunan karakter dan penciptaan sumberdaya manusia unggul yang dimandatkan pada Gerakan Pramuka, dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Namun, bukan berarti hal itu membuat Pramuka tidak berkegiatan. Mereka tetap dapat beraktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Semangat berpramuka harus tetap berkobar, untuk membentuk karakter, kecakapan, dan nasionalisme.

Karenanya, Atikoh mengapresiasi Pramuka Peduli yang telah membantu masyarakat. Dia berharap, kegiatan semacam itu terus dikembangkan, dengan mencari terobosan baru.“Kata kuncinya adalah inovasi dan kreativitas,” tegas Atikoh.

Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo. ()

Kesadaran bela negara, menurutnya, mesti ditanamkan pada anak-anak, termasuk melalui Pramuka. Sehingga, generasi muda menjadi generasi yang kuat dan pintar. Jangan sampai ada lagi kejadian pemuda melakukan tindak terorisme, seperti yang dilakukan seorang wanita muda yang menyerang Mabes Polri belum lama ini.

Atikoh membeberkan, untuk merangsang anggota Pramuka pada Gugus Depan dan Saka agar tetap aktif dan dinamis, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan. Antara lain, Pesta Siaga, seleksi untuk peserta Festival Ketrampilan Kepramukaan Inovatif, penilaian Pramuka Garuda Berprestasi, pendelegasian peserta Lomba Kuis Pandu Citra Loka, Lomba Pengelolaan Website, Festival Film Pramuka dan podcast, serta penilaian gugus depan mantap.

Komentar

VIDEO TERKINI