PPKM Dilonggarkan, Walikota Semarang: Sahur On the Road dan Buka Bersama Jangan Dulu

April 7, 2021

“Hanya tingkat Forkompimda saja, untuk tarawih keliling tingkat kelurahan dan kecamatan tidak ada,” tambahnya.

Khusus tempat hiburan, lanjut Hendi, akan ada aturan lanjutan ketika sudah memasuki bulan Suci Ramadhan dengan keluarnya instruksi khusus yang saat ini sedang dilakukan penyusunan.

Selian itu, ia mengimbau agar sahur on the road ataupun buka bersama, sebaiknya tidak dilakukan karena akan menimbulkan kerumunan.

“Kalau misalnya mau beli makanan sahur, harus take away, tidak boleh melayani di situ. Kegiatan lainnya, sahur on the road dan buka bersama jangan dulu, karena bisa menimbulkan kerumunan,” tegasnya.

Untuk update kasus Covid aktif, jumlahnya terus turun dan hanya di angka 200 sampai 300 kasus positif. Sementara jumlah masyarakat Kota Semarang yang telah divaksin sebanyak 108.337 ribu.

”Ya memang jumlah vaksinnya belum cukup jika dibandingkan jumlah penduduk, tapi secara bertahap bantuan dari pemerintah akan menjangkau lebih banyak lagi,” katanya.

Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman mengakui jika langkah yang diambil pemerintah dengan kelonggran PPKM ini sudah tepat. Selain angka Covid-19 yang terus turun, perekonomian juga bisa terangkat dengan berbagai kelonggaran yang diberikan.

”Kelonggaran ini bisa memacu semangat warga Semarang untuk meningkatkan perekonomian dari berbagai sisi, tentunya dengan penerapan prokes yang ketat,” tuturnya.

Pilus – sapaannya – menjelaskan, kesadaran masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan ini harus diperlihara secara konsisten. Selain itu, dibukanya tempat ibadah selama Ramadan nanti juga patut diapresiasi.

”Pemudik dilarang kita juga sepakat, ini bisa mengurangi penyebaran Covid-19. Untuk tempat ibadah, tentu harus konsisten menjaga protokol kesehatannya,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang M Abdul Hakam mengatakan, dari data Selasa (6/4/2021) kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Semarang total sebanyak 289.

Komentar

VIDEO TERKINI