Ikuti Latsitardanus di Sumut, 702 Taruna Akademi Naik KRI Makassar-590

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 702 taruna akademi dari berbagai matra TNI dan Akpol diberangkatkan untuk mengikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI/2021 di Provinsi Sumatera Utara.

Mereka diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Belawan Medan menggunakan KRI Makassar-590, Selasa (30/3/2021).

Sebanyak 702 taruna itu terdiri dari 227 taruna Akmil, 101 taruna AAL, 91 taruna AAU dan 283 taruna Akpol, ditambah 100 orang mahasiswa. Para taruna juga akan didampingi pengasuh atau pembina 253 orang.

Wadanjen Akademi TNI Marsekal Muda TNI Sri Pulung D saat memimpin apel pemberangkatan mengatakan, Latsitardanus merupakan realisasi kurikulum pendidikan integratif taruna Akademi TNI dan Akpol tingkat akhir sebelum menyelesaikan tugas pendidikan di akademi masing-masing.

“Latihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para taruna sebagai kader pemimpin di masa depan dalam menyongsong tugas di masa datang, dengan menanamkan dan menumbuhkembangkan mentalitas kejuangan dan cinta tanah air serta jiwa dan semangat integrasi, sebagai upaya untuk membangun soliditas TNI-Polri,” katanya.

Sri Pulung menambahkan, latihan pada tahun ini dilaksanakan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Simalungun, Kota Medan, Kota Binjai serta Kota Tebing Tinggi.

Nantinya mereka melaksanakan berbagai kegiatan fisik maupun non fisik di wilayah sasaran masing-masing. Meliputi karya bakti perbaikan dan pembukaan jalan, perbaikan saluran air, tempat ibadah, sekolah, rumah tidak layak huni dan fasilitas umum lainnya.

Untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan tentang kesadaran bernegara dan bela negara, sadar hukum, bahaya narkoba, pencegahan Covid-19 serta promosi untuk menjadi taruna.

“Disana para taruna harus dapat menunjukan kualitas jati diri sebagai calon pemimpin masa depan, dengan tetap semangat, berdisiplin dengan menjaga sopan santun sehingga dapat menjadi contoh dan menjadi suri teladan bagi segenap masyarakat di daerah sasaran,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Danyon Taruna Akpol Tingkat IV, AKBP Siswo Dwi Nugroho, berpesan agar para taruna melaksanakan kegiatan Latsitardanus dengan baik.

“Hal ini sangat penting sebagai bekal tugas nantinya, dengan harapan untuk menambah wawasan dan koordinasi dengan TNI, ASN, dan masyarakat,” pesannya.

Salah satu taruna Akpol Tingkat IV Hegar Gagah Anantaka mengaku telah melakukan persiapan sebelum mengikuti kegiatan Latsitardanus yang akan berjalan selama satu bulan tersebut, dimulai pada 8 April hingga 21 April 2021 mendatang.

“Setelah pembelajaran jarak jauh yang cukup, sekitar satu minggu kami melakukan persiapan untuk mengikuti program ini. Kami berharap bisa melaksanakannya dengan baik dan sesuai arahan para pembina,” ungkapnya.

Untuk antisipasi penyebaran Covid-19, seluruh taruna sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Meskipun telah mendapat vaksin, harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. (Sen)

  • Bagikan