283 Taruna Akpol Ikuti Apel Pembentukan Satgastar

Maret 30, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 283 taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tingkat IV mengikuti apel pembentukan satuan tugas taruna (Satgastar) di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menjelang pelaksanaan Latsitardanus XLI/2021 di Provinsi Sumatera Utara.

Apel dipimpin langsung Wadanjen Akademi TNI, Marsda TNI Sri Pulung D. Tampak hadir Gubernur Akpol Irjen Pol Drs Suroto, Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso beserta staf dan pejabat Forkopimda Kota Semarang.

“Setelah terbentuk satgas ini masing-masing taruna segera beradaptasi, saling kenal dan berkomunikasi sehingga tercipta suasana kebersamaan, kekompakan dan rasa setia kawan antar matra,” kata Marsda TNI Sri Pulung saat memimpin apel pembentukan Satgastar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (30/3/2021).

“Selanjutnya mereka akan menuju ke daerah, debarkasi di pelabuhan Belawan Medan, dengan menggunakan dua KRI yang ditempuh kurang selama kurang lebih empat hari pelayaran,” sambungnya.

Pulung berharap waktu yang cukup lama ini dapat dimanfaatkan secara efektif dalam rangka keberhasilan pelaksanaakn Latsitardanus XLI/2021 dan semakain terjalinnya integrasi antar taruna.

Sekadar informasi, Latsitardanus merupakan realisasi kurikulum pendidikan integratif taruna Akademi TNI dan Akpol tingkat akhir sebelum menyelesaikan tugas pendidikan di akademi masing-masing.

Tahun ini, Latsitardanus diikuti sebanyak 702 taruna yang terdiri dari 227 taruna Akmil, 101 taruna AAL, 91 taruna AAU dan 283 taruna Akpol ditambah 100 orang mahasiswa. Para taruna juga akan didampingi pengasuh atau pembina 253 orang.

Kegiatan ini akan digelar selama 1 bulan, dimulai pada 8 April hingga 21 April 2021, dan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara. Peserta dibagi menjadi 4 satuan latihan, yaitu Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Deli Serdang. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI