Gibran Larang ASN Mudik

Maret 28, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Pemerintah memutuskan melarang mudik Lebaran 2021. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan menindaklanjuti dengan menertibkan surat edaran (SE) soal larangan mudik bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkot.

“Saya tekankan ASN tidak boleh mudik. Kita menahan dulu (mudik) agar cepat pulih dari pandemi. Jangan sampai nekat mudik. Karena ini akan memicu naiknya grafik kasus Covid-19,” kata dia kemarin (28/3).

Suami Selvi Ananda ini tidak memungkiri mungkin banyak masyarakat yang protes atas larangan mudik Lebaran ini. Namun dia yakin ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan ini sudah diperhitungkan dengan matang.

Di sisi lain dia tidak ingin kasus korona di Kota Solo melonjak usai libur panjang Lebaran. Karena bila harus menangani korona dari nol ini sagat melelahkan.

“Kita tidak mau mengulangi menangani korona dari nol karena itu membuat capek. Lebih baik kita menahan diri dulu (tidak mudik Lebaran),” tutur dia.

Gibran menegaskan, saat ini Kota Bengawan sudah masuk zona hijau. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo sudah tidak ada zona merah di 54 kelurahan. Kondisi ini akan terus dipertahankan dengan melakukan pencegahan-pencegahan. Salah satunya dengan larangan mudik Lebaran.

“Solo sudah masuk zona hijau semua. Vaksinasi terus dilakukan dan anak sekolah April sudah bisa masuk sekolah,” katanya.

Dengan status zona hijau rumah sakit rujukan korona juga sudah banyak yang kosong. Tidak ada yang merawat pasien korona. Dia khawatir jika ada mudik Lebaran rumah sakit rujukan akan dipenuhi kembali pasien korona.

“Soal tempat karantina bagi yang nekat mudik belum disiapkan. Saya buat dulu kebijakan-kebijakan untuk menjaga supaya Solo tidak merah lagi,” tandasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI