Derita Evano Farzan Faeza, Balita Pengidap Kanker Mata Ganas

Maret 27, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Cobaan berat menerpa pasangan suami-istri (pasutri) Heri Widodo, 35, dan Tri Haryati, 29. Anak ketiganya Evano Farzan Faeza, 2, mengidap kanker mata ganas. Hasil pemeriksaan medis, diduga Evano karena kelainan genetik.

MANNISA ELFIRA, Solo

Tangisan keras terdengar dari dalam rumah bercat biru di kawasan permukiman padat di Kampung Bibis Wetan RT 05 RW 21, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/3).

Rupanya, Vano (sapaan akrab Evano Farzan Faeza) minta diambilkan mainan. Tangisnya baru mereda setelah aneka mainan menghias karpet di ruang keluarga. Dengan riang, bocah kelahiran 9 Maret 2019 ini bermain mobil-mobilan.

“Sejak tujuh bulan terakhir Vano bolak-balik ke rumah sakit. Karena sering melihat perawat di rumah sakit pakai masker, dia agak sedikit takut. Makanya sering menangis kalau ada tamu datang pakai masker,” ucap Tri Haryati, ibunda Vano, dikutip dari Jawa Pos Radar Solo.

Saat masih dalam kandungan, ada kekhawatiran di benak kedua orang tua Vano. Maklum, Tri Haryati juga mengidap kanker mata. Bahkan, pasutri ini pernah kehilangan anak kedua karena penyakit yang sama.

“Padahal waktu lahir Vano normal. Tidak muncul kelainan sama sekali. Bayinya lucu,” imbuh Tri.

Vano pertama kali di bawa ke rumah sakit saat usianya menginjak 1-2 bulan. Namun, waktu itu pihak rumah sakit belum bisa mendeteksi apakah ada indikasi mengarah ke penyakit kanker mata atau tidak.

“Sejak bayi, ASI saya tidak keluar. Memang imunnya sudah rendah dan kurang gizi. Dulu waktu bayi, pernah konsumsi susu formula. Namun tidak lama. Malah maunya minum teh saja,” terangnya.

Komentar

VIDEO TERKINI