Vaksinasi Calon Haji Lansia Dimulai, Targetkan Lebih 800 Sasaran

Maret 24, 2021

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Meskipun belum ada kepastian pemberangkatan calon jamaah haji (CJH), mereka yang terkategori lanjut usia (lansia) mendapatkan prioritas vaksinasi. Seperti yang digelar di Rumah Sakit (RS) Ortopedi Prof Soeharso Surakarta kemarin (23/3).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Sukoharjo Jawa Tengah Ihsan Muhadi mengatakan, pemerintah masih menunggu kepastian kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Baik untuk kuota haji dan sebagainya.

Sembari menunggu kepastian tersebut, CJH diminta tetap melengkapi dokumen dan persyaratan lainnya. “Termasuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan secara bertahap oleh dinas kesehatan,” ujarnya, Selasa (23/3).

Sementara itu, vaksinasi ratusan CJH lansia yang digelar di RS Ortopedi Prof Soeharso Surakarta berjalan lancar. “Di eks Karesidenan Surakarta, ini vaksinasi yang pertama bagi calon jamaah haji,” ujar Kepala Dinkes Sukoharjo Yunia Wahdiyati.

Ditargetkan, lebih dari 800 CJH divaksin pada penyuntikan pertama yang digelar hingga Rabu (24/3). “Saat ini lansia dulu, secara bertahap,” ucapnya.

Sekadar informasi, pada 2020, sebanyak 870 CJH batal berangkat ke Tanah Suci. Jumlah tersebut termasuk 25 cadangan dan lima petugas haji daerah. Mereka sudah melunasi semua biaya haji dengan total sekitar Rp 36 juta. (rs/kwl/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI