Iwan Fals Rilis Vinyl Album Monumental ‘Mata Dewa’

Maret 21, 2021

Album Mata Dewa memiliki banyak kisah spesial buat musisi Virgiawan Listanto atau Iwan Fals. Baik secara penggarapan maupun kisah-kisah di baliknya. Bulan ini Mata Dewa dirilis dalam bentuk vinyl.

BERTEPATAN dengan Hari Musik Nasional pada 9 Maret lalu, Iwan merilis versi vinyl alias piringan hitam dari album Mata Dewa bersama label rekaman Musica Studio’s. Mata Dewa merupakan album yang dirilis Iwan pada 1989.

Bagi dia, Mata Dewa lebih dari sekadar album reguler yang dirilisnya untuk menunaikan tugas sebagai musisi. ”Itu album yang bikin saya semakin yakin memilih industri musik sebagai jalan hidup,” kenang musisi 59 tahun itu.

Saat merilis album Mata Dewa, Iwan mengaku menjadi semakin mantap dalam memilih musik sebagai jalan hidupnya. Di album itulah, potensi dan ciri khasnya lebih digali. Dia ikut dalam pembuatan lirik lagu-lagu dan proses kreatif pembuatan album.

Kemampuan vokal Iwan juga semakin dieksplor di album Mata Dewa. Sebelum merilis Mata Dewa, suara pelantun Surat buat Wakil Rakyat itu cenderung tinggi dan ringan. ”Suara dada saya belum keluar pas itu. Nah, pas bawain lagu-lagu di album Mata Dewa, suara saya lebih berat,” jelas Iwan.

Dari segi musik, Mata Dewa juga menunjukkan improvisasi dan eksplorasi. Jika di album-album sebelumnya Iwan mengeksplor genre pop dan rock, kali ini dia lebih mendalami rock dan balada. Hal tersebut tak terlepas dari tangan dingin Setiawan Djody, musisi yang menjadi kolaboratornya di Mata Dewa.

Lagu Mata Dewa – yang menjadi lagu utama – merupakan contoh yang bagus untuk menunjukkan betapa album Mata Dewa sangat memorable bagi Iwan. Djody –yang menciptakan lagu bersama Iwan– memasukkan unsur musik khas alam Bali yang menjadi latar cerita lirik lagu.

Komentar

VIDEO TERKINI