Ada Akun Facebook Palsu Catut Nama Gibran: Medsos Resmi sudah Verified

Maret 18, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memang dikenal memiliki gaya kepemimpinan ala milenial dan lekat dengan pemanfaatan media sosial (medsos). Namun, nama wali kota yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu telah dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab untuk membuat akun Facebook palsu.

Akun Facebook abal-abal itu mengatasnamakan Gibran Rakabuming, Walikota Surakarta. Akun tersebut menggunakan foto profil wajah Gibran tampak samping yang mengenakan pakaian jas.

Salah seorang netizen, Adi P. mengaku dikirimi permintaan pertemenanan dari akun tersebut. “Iya, ini tadi di-add. Tapi, apa benar ini Gibran, wali kota Surakarta? Saya yakin ini akun abal-abal,” ujar Adi, Rabu (17/3/2021), dikutip dari Jawa Pos Radar Solo.

Tangkapan layar akun Facebook palsu yang mencatut nama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (ISTIMEWA)

Adi melihat banyak kejanggalan dalam akun tersebut. Di antaranya jumlah pertemanan yang hanya sebanyak tujuh orang. Selain itu, di halaman beranda akun tersebut, hanya ada satu postingan foto yang juga digunakan untuk foto profil. Postingan itu baru dibuat sekitar satu jam lalu.

“Jelas tidak akan saya confirm. Karena pasti ini akun palsu. Banyak kejanggalan. Masak kalau wali kota temannya cuma tujuh orang,” pungkas Adi.

Sementara itu, tim media Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat dimintai konfirmasi memastikan jika akun Facebook tersebut palsu. Ditegaskan, semua akun medsos Gibran sudah verified alias centang biru.

“Itu palsu. Akun yang resmi adalah yang verified. YouTube-nya juga sudah centang biru,” ujar tim media Gibran. (rs/ria/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI