Dosen Dituntut Publikasikan Hasil Penelitian

Maret 17, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar workshop “Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Kerjasama Internasional di Bidang Publikasi”, sebagai upaya untuk meningkatkan Tri Dharma perguruan tinggi.

Kegiatan yang digelar di aula Gedung V USM itu diikuti para dosen di lingkungan FTP USM dengan menghadirkan narasumber Executive Chairman SAFE Network dan Dosen FTP Universitas Andalas Padang, Prof Dr Novizar Nazir.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor II USM yang sekaligus dosen FTP yaitu Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih, MP, dan Dekan FTP Dr Ir Haslina, MSi beserta para dosen FTP USM.

Ketua panitia workshop, Dewi Larasati MP mengatakan, pelaksanaan kegiatan workshop peningkatan Tri Dharma melalui kerjasama internasional khususnya dalam bidang publikasi. Tujuannya adalah untuk bekerjasama dengan internasional dan meningkatkan publikasi internasional.

“Jumlah jurnal dosen FTP USM yang terpublikasi internasional sudah ada, namun perlu kita tingkatkan lagi. Sehingga dengan workshop ini diharapkan bisa meningkatkan publikasi jurnal,” kata Dewi, dalam keterangannya, Selasa (16/3/2021).

Sementara Prof Dr Novizar Nazir menuturkan, sebagaimana diketahui bahwa publikasi bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi dan saat ini diperlukan terutama dosen dituntut untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal-jurnal internasional.

“Kita juga tidak bisa menembus jurnal-jurnal internasional jika seandainya kita tidak bekerja sama dengan teman- teman di luar negeri. Dengan workhop ini bagaiamana kita bisa mendapatkan akses untuk jurnal-jurnal dari luar negeri sehingga bisa meningkatkan publikasi dosen FTP USM,” tutur Prof Novizar.

Dikatakannya, tujuan dari peningkatan Tri Dharma perguruan tinggi nantinya adalah meningkatkan kualitas mahasiswa. Maka dari itu diperlukan kerjasama dengan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian dan publikasi jurnal. “Karena itu nantinya akan berdampak bagi kualitas mahasiswa,” tambahnya. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI