Viral Anak Dirantai Orangtua Kandung di Purbalingga, Begini Penjelasan Kapolres

Maret 16, 2021

PURBALINGGA, RAKYATJATENG – Beredar video viral di media sosial seorang anak laki-laki yang ditemukan warga dalam kondisi dirantai di dapur rumah oleh orang tua kandungnya. Peristiwa itu terjadi di Desa Kalimanah Kulon, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Fannky Ani Sugiharto mengatakan, terkait video itu ia pun telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan.

“Sekira dua hari yang lalu beredar video tersebut, kita melalui Unit PPA Satreskrim sudah melakukan pengecekan di lapangan dan pemeriksaan,” ucap Fannky, Senin (15/3/2021).

Hasil pemeriksaan memang ditemukan seorang anak berinisial MNA (7) di Desa Kalimanah Kulon, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga dalam keadaan dirantai dalam rumahnya.

Kejadian tersebut sempat viral di media sosial dan mungkin akan menjadi suatu stigma negatif dari masyarakat.

“Perlu kami jelaskan bahwa terkait hal tersebut sudah dilakukan pemeriksaan. Ini merupakan tindakan yang tidak dibenarkan yaitu mengikat anak dengan rantai saat ditinggal pergi,” katanya, didampingi Kasatreskrim Iptu Gurbacov dan Kasubbag Humas Polres Purbalingga Iptu Widyastuti.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa keluarga ini kondisi ekonominya lemah dan harus mencari nafkah dengan berjualan di pasar. Orang tuanya berpikir anaknya akan aman dirantai ketika ditinggal di rumah sendirian.

“Kejadian tersebut terjadi tiga kali dalam waktu yang berbeda dan tidak dilakukan selama 1×24 jam atau lebih secara terus-menerus. Itu dilakukan pada waktu tertentu saat ditinggal orang tuanya bekerja di pasar,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan juga tidak dilakukan tindakan kekerasan terhadap anak tersebut saat dirantai. Di dekat si anak, juga disediakan makanan maupun minuman saat ditinggal. Ini yang perlu diluruskan sehingga tidak menimbulkan stigma negatif.

Komentar

VIDEO TERKINI