Honda PCX Tawarkan Kenyamanan bagi Pengendara

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Berkelana menggunakan sepeda motor memang sangat menyenangkan. Tapi juga perlu mengatur posisi berkendara yang tepat agar tidak mudah lelah, yang berpotensi menurunkan konsentrasi.

Kenyamanan berkendara akan semakin maksimal jika didukung kendaraan yang tepat. Salah satu contohnya, bisa dicoba ngegas dengan Honda PCX yang baru saja dirilis ke publik bulan lalu.

Skutik besar dengan mesin 160cc eSP+ ini menawarkan segitiga ergonomi postur berkendara yang cocok untuk perjalanan dekat maupun jauh.

Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan:

  1. Ride on Position

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stres pada bagian bahu, punggung dan leher. Pada Honda PCX, posisi stang kemudi sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling yang nyaman dan maksimal.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

  1. Leasure Position

Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara, seperti yang ditawarkan oleh Honda PCX terbaru. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat menempuh perjalanan jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position.

Menurut Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky, postur tubuh yang benar saat berkendara akan membuat pengendaranya nyaman, sehingga dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan.

“Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor,” ujar Lucky dalam keterangan tertulis, Selasa (16/3/2021).

“Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” imbuhnya. (Sen)

  • Bagikan