Bubarkan Balap Liar, Tim Gabungan Amankan Puluhan Motor

Maret 15, 2021

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, kerap merasahkan warga dan pengguna jalan. Tindakan tegas pun dilakukan tim gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP Sukoharjo, dengan membubarkan aktivitas mereka, Sabtu malam (13/3). Puluhan kendaraan diamankan.

“Selain meresahkan balap liar ini berbahaya bagi pengendaranya dan pengguna jalan lain,” kata Kapolsek Kartasura AKP Heldan Pramoda Wardhana kemarin (14/3).

Tim menyisir sepanjang Jalan Diponegoro dan Jalan Ahmad Yani, Kartasura. Sejumlah kendaraan berknalpot tidak standar diamankan dari sejumlah titik. Hasilnya, tim mengamankan 26 sepeda motor yang diduga akan berpacu di arena balap liar jalan protokol Kartasura.

Heldan mengatakan, razia digelar menindaklanjuti keluhan warga dan sebagai langkah antisipasi balap liar yang diduga juga bermotif aksi judi. Bahkan, sempat terjadi kecelakaan di arena balap liar.

“Ini juga menindaklanjuti laporan warga karena marak balap liar dengan suara bising yang menggangu warga. Apalagi balapan dilakukan dimalam hari sangat mengganggu,” kata Heldan.

Seluruh pengguna motor yang terjaring razia diminta menulis surat pernyataan agar tidak melakukan balap liar. Mereka juga diminta melengkapi surat kendaraan dan sepeda motor sesuai standar. Sedangkan untuk sepeda motor memenuhi standar dengan surat lengkap langsung diminta pulang.

Aksi tegas juga dilakukan Satlantas Polres Karanganyar. Puluhan sepeda motor yang berknalpot tak sesuai standar atau brong langsung diamankan dari Jalan Lawu pada Sabtu (13/3) malam. Selanjutnya dibawa ke Polres Karanganyar.

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres karanganyar Iptu Anggoro Wahyu mengungkapkan, operasi penggunaan knalpot brong dilakukan di sepanjang Jalan Lawu. Mulai dari simpang empat Papahan ke timur hingga Alun-Alun Karanganyar.

Komentar

VIDEO TERKINI