Dihadiri Terbatas, Pentas Wayang Pelat Komunitas Lima Gunung Sosialisasikan Vaksinasi

Maret 14, 2021

MAGELANG, RAKYATJATENG – Pentas wayang kontemporer berbahan pelat oleh Komunitas Lima Gunung Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dengan lakon “Pendowo Gumolong” ikut menyosialisasikan vaksinasi COVID-19 yang sedang dilakukan pemerintah guna mengatasi pandemi virus corona jenis baru itu.

Pementasan wayang pelat atau logam karya seniman petani Komunitas Lima Gunung Sujono Keron dengan dalang Sih Agung Prasetyo berlangsung di pusat aktivitas seni-budaya komunitas itu di Studio Mendut, sekitar 100 meter timur Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Minggu (14/3/2021).

Studio Mendut dikelola Sutanto, budayawan yang juga perintis terbentuk dan berkembangnya kelompok seniman petani Komunitas Lima Gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh) Kabupaten Magelang lebih dari 20 tahun terakhir.

Pada pementasan lakon “Pendowo Gumolong” tersebut, dalang Sih Agung dari Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, memainkan sekitar 13 karya wayang pelat berupa gunungan, raksasa, kesatria dan panakawan.

Sekitar panggung pentas wayang kontemporer dihiasai dengan puluhan karya wayang pelat ukuran raksasa yang lainnya dan bahan-bahan lain yang menjadi koleksi Studio Mendut itu menjadi karya seni instalasi.

Pementasan diiringi tabuhan gamelan grup karawitan “Sumanggem” pimpinan Agus dari Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, di kawasan Gunung Merbabu.

Hadir dengan jumlah terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain budayawan Sutanto Mendut, sejumlah pebisnis dari Magelang dan Yogyakarta, termasuk dari PT Tatalogam Lestari Group Cikarang, Bekasi, pendukung karya wayang pelat itu, serta sejumlah tokoh utama Komunitas Lima Gunung.

Lakon carangan “Pendowo Gumolong” (Pandawa Manunggal atau Bersatu) dikisahkan sang dalang sebagai upaya para penguasa pemerintahan menggalang kebersamaan dengan masyarakat yang disimbolkan panawakan, dalam mengatasi pagebluk.

Komentar

VIDEO TERKINI